Workshop Jazz Untuk Musisi Pemula

By on August 22, 2000

Sukses menggelar workshop “Jazz dan Anda”, KOMSENI (Komunikasi Untuk Kesenian) & PT. Daya Audiovisi Performa (DAYA), kembali merencanakan untuk melanjutkan sesi kedua dari workshop tersebut. Demikian yang diungkapkan oleh Geumala Yatim, Sabtu (19/8), kepada Horizon-line.Com. Menurutnya, minat dari kaum muda untuk mempelajari jazz terbilang cukup besar. Maka, workshop serupa, yang rencananya akan digelar selama 12 minggu akan kembali dilaksanakan mulai 30 September – 16 Desember 2000 mendatang.

Workshop lanjutan ini merupakan kelanjutan dari workshop sebelumnya. Materi yang akan dibahas adalah ritmik, latihan mendengar (ear training), sight reading, dan sebagainya. Sedangkan tempat pelaksanaan masih di The Bar, The Regent Jakarta, setiap Sabtu.

KOMSENI & DAYA, boleh dibilang, cukup berani untuk menggelar even jazz tersebut. Pada awalnya, seperti dituturkan oleh Geumala, peserta yang terdaftar hanya 7 orang. Namun, melihat materi dan cara penyampaian yang komunikatif dari Deviana Daudsjah — yang juga memimpin DAYA, jumlah peserta semakin meningkat. “Saat ini jumlah peserta workshop telah mencapai 63 orang,” ujarnya menambahkan.

Tanggapan terhadap workshop ini sangat beragam. Ada yang pro dan ada yang menganggap sepele kegiatan ini. Namun, jumlah peserta yang semakin meningkat, adalah bukti nyata dari keberhasilan workshop ini. Tanggapan dari para musisi dan pemerhati jazz juga terbilang baik. “Terutama dari Bubi Chen, yang sangat mendukung pelaksanaan workshop ini,” ujar Geumala optimis.

Pada workshop lanjutan ini, KOMSENI & DAYA terlihat lebih menyeleksi pesertanya. Untuk menjadi peserta, misalnya, Anda harus mampu membaca not balok dan telah menguasai musik selama dua tahun. Lalu, untuk menjadi peserta, maka biayanya adalah Rp. 60 ribu/sesi atau Rp. 700 ribu untuk 12 kali pertemuan. Biaya tersebut sudah termasuk handout, lead sheet, kaset kompilasi materi pengajaran, dan coffee break. Nah, Anda berminat? (ymn)