Workshop “Jazz dan Anda II” Mulai Digelar

By on September 24, 2000

MINAT generasi muda untuk mendalami musik jazz ternyata cukup besar. Padahal, bagi sementara orang, jazz adalah sesuatu yang kurang begitu menarik untuk dipelajari. Namun, tidak bagi KOMSENI dan DAYA, pihak yang menyelenggarakan aktifitas yang ditujukan kepada generasi muda ini. Untuk kedua kalinya, workshop yang diselenggarakan di The Bar, The Regent Jakarta ini akan digelar.

Workshop tersebut akan berlangsung mulai 30 September – 16 Desember mendatang, dan masih diasuh oleh Tjut Nyak Deviana Daudsjah, pianis, komposer, pedagog, dan juga seorang vokalis handal. Deviana – begitu biasanya dipanggil – akan mengulas topik-topik lanjutan dari workshop sebelumnya. Di antaranya adalah sight-reading, ear-training (solfege), akord dan inversi, dasar-dasar teori ‘whole-ending’ (1-5-1), akord yang dimainkan pada quint circle dan quart circle, hingga penelusuran atas ke-12 tangga nada dalam bentuk kromatik.

Waktu pelaksanaannya adalah setiap hari Sabtu, pukul 10.00 – 15.00 WIB, dan terbuka untuk umum, terutama mereka yang mampu membaca not balok dan telah mendalami musik selama dua tahun. Itulah salah satu syarat mutlak dari peserta workshop tingkat lanjut ini.

Sementara itu, masih di tempat yang sama, juga diselenggarakan Sunday Jazz Improvisation, setiap hari Minggu, pukul 19.00 – selesai. Pesertanya adalah musisi-musisi jazz Indonesia, dan para peserta workshop yang mempraktekan kemahiran mereka bermain jazz. Pihak Regent sendiri, seperti diakui Deviana, memang menyediakan tempat tersebut untuk pencinta jazz Indonesia. Kesuksesan dari acara workshop sebelumnya adalah penyebabnya.

Di ajang inilah, diharapkan, para peserta workshop dapat mempraktekan “ilmunya” di hadapan banyak orang, termasuk musisi-musisi jazz senior. “Tujuan dari acara ini, di samping memberi forum kepada para musisi jazz untuk main bersama, juga bertujuan untuk saling mengenal antara sesama pencinta jazz, dan meningkatkan apresiasi jazz,” tulis Deviana melalui surat elektronik kepada Horizon-line.Com. Nah, agaknya acara ini cukup menarik untuk dijadikan referensi. (yollismn)