Upaya Menjaring Musisi Jazz Muda

By on February 17, 2006

JAVA JAZZ FESTIVAL 2006, yang dilaksanakan pada Maret 2006 mendatang, agaknya sudah ditunggu-tunggu oleh pencinta jazz tanah air. Untuk mendukung panggung musik bergengsi itu, maka sejumlah acara pendukung pun dihadirkan. Di antaranya Java Jazz On The Move (JJOTM) dan  Jazz Icon Search 2006 (JIS).

JIS didukung oleh PT. Citra Intirama (Galestra), salah satu distributor alat musik terbesar di Indonesia. Rencananya, JIS akan dilaksanakan pada tanggal 2 – 5 Maret 2006 mandatang di Function Exhibition Hall B, Balai Sidang, Jakarta.

Latar belakang dari pelaksanaan JIS 2006 adalah untuk mencari bibit-bibit baru dalam industri musik jazz di Indonesia. Gencarnya arus industri musik non jazz di Indonesia, agaknya menjadi alasan lain dari JIS 2006, yang proses audisinya sudah dilaksanakan pada tanggal 13 – 17 Februari 2006.

Pada program yang dikordinir oleh Gilang Ramadhan ini, musisi-musisi jazz belia akan ikut serta dalam solo instrument competition, yang dibagi dalam lima kategori, yaitu Electric Guitar, Bass, Piano/Keyboard, Drum dan Vocal. Diharapkan, ajang ini akan menghasilkan calon musisi-musisi jazz masa depan yang berkualitas. (ymn)