Tonton, Konser Bubi Chen – Indra Lesmana

By on February 13, 2005

Program musik jazz spektakuler bertajuk 2 Love Jazz – The Art of Duo, yang menampilkan dua pendekar jazz Indonesia, Indra Lesmana dan Bubi Chen, akan digelar pada hari Rabu, 16 Februari 2005 mendatang di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta.

Konser dua ikon musik jazz Indonesia ini, bisa dikatakan, akan menjadi konser yang akan memuaskan dahaga pencinta jazz Indonesia yang tak puas dengan atraksi dua pianis handal ini di konser Jazz For Aceh, 19 Januari 2005 lalu. Ketika itu, Indra dan Om Bubi tampil atraktif di konser amal tersebut.

Penampilan dua maestro jazz beda generasi ini bukanlah yang pertama. Pada 1987, Indra dan Om Bubi pernah berkolaborasi bersama kelompok Andromeda, yang juga didukung oleh sang Ayah, mendiang Jack Lesmana. Panggung lainnya adalah ketika tampil bersama Indra Lesmana Reborn, di Bandung,  Jazz Goes to Campus dan Jazz for Aceh.

Bubi Chen merupakan sosok fenomenal di industri musik jazz Indonesia. Ketika tampil pada tahun 1967 di Jazz festival, Berlin, misalnya, Om Bubi memukau publik jazz Eropa ketika itu. Dia bahkan dijuluki “Art Tatum of Asia”, dan dianugerahi pianis jazz terbaik di Asia.

Indra Lesmana juga tak jauh berbeda. “Bocah ajaib”, yang pernah tampil memukau di panggung Jazz Masa Lalu dan Kini (1976), memang mewarisi bakat musik ayahnya, Jack Lesmana. Berbagai album jazz pernah dirilisnya, seperti Children of Fantasy, No Standing, Bulan Di atas Asia, For Earth and Heaven, Distorsi, dan Reborn, hingga album teranyarnya, Silver.

Atraksi dua pendekar jazz ini tentu saja layak Anda tonton. Perbedaan generasi di antara mereka, dan latar belakang referensi musikal keduanya, agaknya menjadi kekuatan tersendiri yang menarik untuk disimak. (ymn)