Sketsa Broadway Janis Siegel

By on November 7, 2004

Nama Janis Siegel tentu sudah tak asing lagi di telinga pencinta jazz Tanah Air. Co-founder dari kelompok vokal The Manhattan Transfer ini, memiliki kekuatan vokal yang menonjol di album terbarunya, Sketches of Broadway.

Kekuatan vokal Janis di album ini terlihat pada komposisi-komposisi yang dinyanyikannya, seperti Show Me, It’s a Woman’s Prerogative, The Story of Lucy and Jessie, dan It Never Was You. Janis memang piawai menerjemahkan konsep musik Broadway dengan gayanya yang khas.

Album Sketches of Broadway, seperti dituturkan Janis, terinspirasi oleh sejumlah musisi jazz legendaris, seperti Louis Armstrong, Sarah Vaughan, Chet Baker, Ella Fritzgerald, Andre Previn, dan Shelly Manne. Janis memang berusaha menterjemahkan musik-musik panggung teater Broadway, dengan kekuatan vokalnya.

Sejumlah musisi jazz terkenal turut mendukung album ini. Mereka adalah Gil Goldstein (piano/akordion), John Pattituci (bas), Romeo Lumbanto (gitar), dan Antonio Sanchez (drum).

Untuk album ini, lanjut Janis, dia banyak melakukan riset tentang materi musik yang ada di Broadway. “Saya ingin memilih komposisi yang berada di luar konteks teatrikal Broadway,” tambah Janis seperti dikutip Universal Music. Dan, album Sketches of Broadway adalah hasil kerja kerasnya. Anda layak menjadikan album ini sebagai koleksi. (ymn)