Simply Said, Imajinasi Seorang Keith Jarrett

By on June 6, 1999

Keith Jarrett kembali bikin gebrakan baru. Saksofonis handal ini meluncurkan album terbarunya, yang akan dirilis pada 22 Juni 1999 mendatang. Judul album tersebut sederhana: Simply Said (1999), di bawah label Warner Bros. Inilah album solo ke lima Jarrett, hasil kerjasamanya dengan perusahaan rekaman tersebut, di samping album terdahulunya: ‘Black Hope’ (1992), ‘Triology‘ (1995), ‘Pursuance: The Music Of John Coltrane’ (1996), dan ‘Song Book.’ Di samping album-album tersebut, Jarrett juga pernah merilis beberapa album lain di bawah label Atlantik, yaitu ‘Prisoner of Love,’ ‘African Exchange Student’.

Dengan album ini, menurut laporan situs Warner Bros Jazz, Jarrett kembali melanjutkan membangun kekuatan berimajinasi dengan saksofon altonya. Album terbarunya: “Simply Said”, menunjukan kelasnya. Dengan komposisi-komposisi imajinatif dan ekspresif, seperti Delta Bali Blues, Conversation With Hutcherson, Words Can’t Express, Back Where You Started, hingga Sounds Like Winter, menunjukan bahwa Jarrett tak main-main dengan hasil kerja-kerasnya selama ini.

Jarret adalah sedikit dari peniup saksofon yang memiliki “kekuatan” di balik tiupan alto saksofonnya. Pengalamannya bermain bersama musisi-musisi jazz besar, seperti Miles Davis, Art Blakey, Freddy Hubbart, hingga bergabung dengan The Duke Ellington Orchestra di usia 17 tahun, akhirnya membawanya ke puncak perjalanan karier bermusiknya.

Berdasarkan hasil polling pembaca dari Majalah jazz bergengsi: Down Beat, beberapa waktu lalu, Jarrett “diproklamasikan” sebagai peniup saksofon terseksi, “Alto Saxist of the Year”, menggantikan posisi Phil Woods, yang mendominasi kategori ini sejak 1975. Di tahun 1996, majalah musik Rolling Stones menyebutnya sebagai “Hot Jazz Artist“. Jarretrt memang pantas menyandang gelar-gelar tersebut.

Album Simply Said di dukung oleh Kenny Garrett (alto saxophone, soprano saxophone, sopranino), Shedrick Mitchell (piano, organ), Nat Reeves (acoustic bass), Chris Dave (drums), Pat Metheny (electric & acoustic guitars), Marcus Miller (electric bass), dan Bashiri Johnson (percussion).

Nah, Anda tentunya sudah mengetahui, nama besar dari musisi pendukungnya. Selamat Bung Jarret! (ymn/wbjazz)