Sentuhan Latin dari Laura Fygi

By on March 6, 2009

Penyanyi kelahiran Amsterdam tahun 1955 ini menghabiskan delapan tahun pertama dalam kehidupannya di Amerika Selatan. Ayahnya seorang Belanda, sementara ibunya berdarah Mesir. Antara tahun 1987 hingg 1991, Laura Fygi tergabung dalam band perempuan Belanda terkenal saat itu, Centerfold. Saat tampil, Fygi dan rekan-rekannya selalu mengenakan pakaian dalam nan seksi. Centerfold sempat mencetak hits di Belanda dan Eropa. Mereka juga cukup terkenal di Jepang.

Fygi telah merilis lebih dari tigabelas album, di antaranya Introducing (1991), Bewitched (1993), The Lady Wants To Know (1994), Turn Out The Lamplight (1995), dan Rendez-vous (2007).

Tahun 1991, Centerfold bubar dan Laura bersama Rowan Moore membentuk band baru bernama The Backlot. Setelah tampil di teater terkenal di Belanda, Paradiso band ini sudah berencana membuat album. Namun, perusahaan rekaman Mercury meminta Fygi untuk membuat album solo.

Album perdana Fygi bertajuk Introducing (1991), yang diproduseri Ruud Jacobs. Dalam album ini Fygi bekerja sama dengan musisi kenamaan Belgia, Jean ‘Toots’ Thielemans. Sebagian besar komposisi di album ini sangat bernuansa jazz. (ervan/ymn)