Semarak Jazz di Akhir Tahun 2009

By on November 30, 2009

Di penghujung tahun 2009 ini, pencinta jazz di Indonesia akan dihibur oleh serangkaian program musik jazz yang digelar di berbagai kota di Indonesia. Mulai dari konser kelompok JavaJazz di Jakarta dan Yogyakarta, digelarnya Bandung World Jazz Festival, UGM Mandiri Jazz, Palembang Jazz Festival, ITB BIg Band Concert, hingga perhelatan Solo City Jazz 2009.

Kelompok JavaJazz, yang lama menghilang dari dunia jazz tanah air akan melakukan konser come back mereka di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta (10/12). Disusul dengan konsernya di UGM Mandiri Jazz 2009, bertempat di Grha Sabha Pramana, UGM Yogyakarta (15/12). JavaJazz akan didukung oleh Indra Lesmana, Dewa Budjana, Mates, Gilang Ramadhan, dan Donny Suhendra.

Kota Solo pun tak mau ketinggalan. Pada 4-5 Desember 2009, rencananya akan dilaksanakan program jazz bertajuk Solo City Jazz, yang akan dimeriahkan oleh Noturno, Maya Hasan Quartet feat. Deddy Dhukun & Dian Pramana Poetra, Akordeon (Bintang Indrianto, Rindra Risyanto, Roedyanto Warsito & Sruti Respat), Donny Suhendra Project, Clorophyl, Yovie Widianto Fusion, dan masih banyak lagi. Acara akan dilaksanakan di Windu Jenar Ngarsopuro, Solo.

Sementara itu, di kota Bandung, Jawa Barat, publik jazz dapat menikmati Bandung World Jazz Festival, pada 3-4 Desember 2009, di Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Tema yang diusung adalah A Voice of the New World. Sejumlah musisi bakal tampil, di antaranya Tjut Nyak Deviana Daudsjah, Pigalle 44 (Belanda), Nita Aarsten Quartet, Harry Toledo, Ligro, Taal Tantra (India), Anime String Quartet, dan sejumlah musisi asal Bandung.

Masih di Bandung, pada 5 Desember publik jazz tanah air juga bakal dihibur dengan ITB Big Band Concert, yang dilaksanakan di Aula Barat, Institut Teknologi Bandung (ITB). Konser ini diikuti oleh Big Band Waditra Ganesha (ITB Bandung), Elbe Jazz Big Band (UPI Bandung), Binabakti Big Band (Bandung), Salamander Big Band (Bandung), 426 Big Band (UPH Jakarta), serta The Kirana Big Band (Yogyakarta).

Dari Yogyakarta UGM Mandiri Jazz 2009 akan digelar di Grha Sabha Pramana, UGM, Yogyakarta, pada tanggal 15 Desember mendatang. Bintang jazz yang dipastikan hadir di antaranya kelompok JavaJazz, Bertha, Syaharani, Barry Likumahuwa Project feat. Benny Likumahuwa, dan didukung juga oleh Ello. Panggung jazz ini digelar dalam rangka memeriahkan Dies Natalis UGM yang ke-60.

Goethe Institut Jakarta juga menggelar Serambi Jazz, pada tanggal 3 Desember 2009. Kelompok Pitoelas Big Band akan menghibur pencinta jazz di Jakarta dan sekitarnya, di program musik jazz bulanan ini. Hmm….Akhir tahun yang menyenangkan. Anda pilih yang mana? (ymn)

Foto: Facebook.com/javajazz