Selamat Jalan Joe Henderson!

By on July 2, 2001

Dunia jazz kehilangan satu lagi pendekarnya. Saksofonis Joe Henderson, 64 tahun, yang bernaung di bawah bendera Verve Records, meninggal dunia pada hari Sabtu (30/6) pekan lalu, di San Fransisco. Henderson, seperti diberitakan Down Beat, meninggal akibat penyakit jantung  dan  penyakit paru-paru yang dideritanya sejak satu tahun lalu.

Henderson dilahirkan di Lima, Ohio, Amerika Serikat, pada 24 April 1937. Karir musiknya berawal ketika dia masih menjadi mahasiswa di Kentucky State College and Wayne University, Detroit. Setelah melalui wajib militer selama dua tahun (1960 -1962), dia bekerja bersama Jack McDuff dan Kenny Dorham, sebelum meneken kontrak dengan Blue Note pada 1963. Henderson lalu bergabung bersama Horace Silver’s Quintet pada 1964 selama dua tahun.

Saksofonis berkulit hitam ini juga pernah memainkan komposisi-komposisi Jobim di salah satu albumnya (Double Rainbow). Dia juga terlibat dalam proyek beberapa musisi jazz, seperti Herbie Hancock dan Andrew Hill, serta bermain bersama Miles Davis. Bersama label Milestone, Henderson juga sempat rekaman pada tahun 1970-an, ketika dia pindah ke San Fransisco.

Oleh banyak pengamat, Henderson disebut memiliki permainan yang unik dan khas. Sekalipun terpengaruh dengan gaya permainan John Coltrane dan Sonny Rollins pada era 1960-an, Henderson tetap memiliki gaya tersendiri yang sangat berpengaruh di era 1990-an. Buktinya adalah dengan terpilihnya dia sebagai Album & Tenor Saxophonist of The Years, versi majalah Down Beat.

Henderson telah  merilis sejumlah album, di antaranya adalah Lush Life: The Music of Billy Strayhorn, So Near, So Far (Musigs For Miles), Double Rainbow (Antonio Carlos Jobim tribute), Balads & Blues, Power to The People, dan Quiet Now-Lovesome Thing. Selamat jalan Joe Henderson! (ymn/cdnow/downbeat)