Roy Haynes Akan Merilis Album Baru

By on March 5, 2000

BERMAIN musik, bagi drumer sekaliber Roy Haynes, tentunya sesuatu yang sangat menyenangkan. Hentakan ritme yang dihasilkannya membuat takjub banyak pencinta jazz dunia. Maka, pada 18 April mendatang, Roy kembali merilis album trio terbarunya. Kali ini Roy akan tampil bersama pianis Danilo Perez dan pemain bas John Pattituci. Album The Roy Haynes Trio Featuring Danilo Perez And John Pattituci” , rencananya, akan bernaung di bawah label Verve. Demikian yang dilaporkan situs majalah jazz bergengsi, Down Beat, edisi 29 Februari lalu.

Roy adalah salah satu pemain drum yang cukup handal. Kepiawaiannya dalam “mengolah” drum, menjadi sebuah instrument yang komunikatif, tak diragukan lagi. Pengalaman drummer yang telah berusia 75 tahun ini telah melegenda. Roy telah melakukan banyak jam sessionm, maupun bermain bersama musisi-musisi jazz besar, seperti Lester Young, Charlie Parker, Sarah Vaughan, Miles Davis, Thelonious Monk, Stan Getz, Sonny Rollins, John Coltrane, Bill Evans, Eric Dolphy, Roland Kirk, Chick Corea dan Pat Metheny.

Roy, yang banyak bermain bersama musisi-musisi jazz belia ini, telah bekerjasama dengan Pattituci dan Perez sejak 1998 lalu. Pada tahun tersebutlah trio ini terbentuk, dan merilis 10 komposisi jazz. Album tersebut direkam di Avatar Studio, New York, dan pernah pula tampil live di Schuller’s Jazz Club, Boston.

Album ini adalah semacam album restrospeksi dari Roy. Setiap komposisi merupakan representasi dari perjalanan karirnya sebagai seorang pemain drum. Itulah sebabnya, Roy juga menyertakan penghargaan, berupa komposisi, terhadap beberapa musisi jazz legendaris seperti Sarah Vaughan, Miles Davis, Thelonious Monk, hingga Duke Ellington. Nah, tentunya album ini akan sangat ditunggu oleh banyak pencinta jazz dunia. Dan, bagi Anda yang tinggal di Indonesia, berharaplah: semoga album ini juga beredar di sini. (dbjazz/yollismn)