Regent Jazz Meet 2, Puncaknya JOJ 2001

By on January 25, 2001

HOTEL Regent Jakarta, Jumat malam (26/1) akan kembali menggelar The Regent Jazz Meet 2 (TRJM), menyusul suksesnya acara serupa tahun 2000 lalu. Acara menarik tersebut, kali ini, merupakan hasil kerjasama dengan panitia Jakarta Open Jazz 2001. Maka, bisa ditebak, acara yang akan dimulai pada pukul 20.30 – 24.00 WIB itu, merupakan salah satu mata acara — di samping konser jazz — yang paling ditunggu.

Yang akan tampil dalam TRJM adalah Deviana Daudsjah, Nick Mamahit, Indra Lesmana, Fiona Burnett, Karoline Hoefler, Carola Grey, Yance Manusama, dan beberapa musisi jazz Tanah Air. Rencananya, acara tersebut akan digelar di lobby hotel berbintang yang belakangan aktif mengadakan even jazz itu.

Sementara itu, pada hari Selasa (23/1) lalu, di Waroeng Kemang, Jakarta Selatan, juga digelar acara seminar jazz, yang menampilkan empat pembicara, masing-masing Deviana Daudsjah, Fiona Burnett, Karoline Hoefler, dan Carola Grey. Materi yang dibahas pada siang itu adalah tentang topik-topik menarik seputar jazz, yaitu ekselusifitas musik jazz, masalah pendidikan musik jazz di Indonesia, dan bagaimana memainkan musik jazz secara benar.

Ketika mengulas tentang kondisi pendidikan musik, khususnya jazz, di Indonesia, Deviana tampak prihatin dengan kondisi yang terjadi di Tanah Air. “Sebenarnya Indonesia memiliki banyak sekali anak-anak muda yang memiliki bakat besar,” ujar pianis yang lama berkelana di Eropa ini.

Sedangkan Karoline berpendapat lain soal jazz. Menurutnya, jazz memang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Tapi, seperti jazz, sebenarnya Gamelan pun memiliki tingkat kesulitan yang juga tinggi. “Ini sebenarnya masalah kebiasaan mendengarkan saja,” lanjutnya serius.

Setelah TRJM, JOJ 2001, masih akan menggelar lagi sebuah acara menarik, yaitu Konser Jakarta Open Jazz, yang akan dilaksanakan di Kafe Taman Semanggi, pada 27 Januari, dan akan didukung oleh Deviana Daudsjah, Nick Mamahit, Indra Lesmana, Fiona Burnett, Karoline Hoefler, Carola Grey, Yantce Manusama, Benny Kastanya, Fourtiedo, Budi Winarno Quartet, dan sejumlah musisi jazz lainnya. (yollismn)