Rangkaian Konser Jazz di Awal Tahun

By on December 30, 2000

AWAL tahun 2001 mendatang, dunia jazz di Indonesia akan dimeriahkan oleh sebuah even jazz menarik, hasil kerjasama PT. Daya Audiovisi Performa dan Yayasan Daya Bina Budaya. Even yang melibatkan beberapa musisi jazz dari Eropa dan Australia itu, adalah 1st Jakarta Open Jazz 2001 (JOJ) , yang rencananya akan mulai digelar pada 11 – 27 Januari 2001 mendatang.JOJ adalah serangkaian acara musikal bertaraf internasional, yang meliputi seminar musik jazz, workshop, dan konser jazz, yang akan didukung oleh tiga orang Master di bidang musik jazz, yaitu Fiona Burnett – peniup saksofon asal Australia, Karoline Hoefler (kontrabas), dan Carola Grey (drum). Dua musisi yang disebutkan terakhir berasal dari Jerman. Sedangkan yang akan mendampingi mereka adalah musisi dan pengajar musik jazz dari Indonesia, Deviana Daudsjah.

JOJ, seperti diungkapkan oleh Deviana Daudsjah, merupakan kombinasi dari serangkaian acara musikal, yaitu workshop, seminar, dan konser jazz. Semua acara tersebut terbuka untuk umum, dan khusus untuk beberapa acara diperuntukan kepada peserta yang telah mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Adapun tempat pelaksanaan dari JOJ, rencananya, akan digelar di Kafe Taman Semanggi dan Hotel Regent Jakarta, serta akan dilaksanakan secara rutin – dengan format serupa – sepanjang tahun 2001 mendatang. Khusus untuk konser jazz, JOJ akan melibatkan musisi-musisi jazz Tanah Air.

Pihak JOJ, seperti diungkapkan dalam press release-nya, mengungkapkan bahwa banyaknya insan berbakat di Indonesia, terutama kaum muda, harus dibina untuk terus dikembangkan bakat-bakat yang ada dengan pendekatan-pendekatan yang baru. Apalagi musik jazz, yang memang terhambat sosialisasinya di Indonesia.

Tujuan utama dari serangkaian acara-acara tersebut, boleh dibilang, cukup idealis: yaitu mendirikan sebuah institusi jazz. “Rencananya kami akan mendirikan sebuah Akademi Seni Pertunjukan di Indonesia, dengan standar internasional,” ujar Deviana kepada Horizon-line.Com beberapa waktu lalu. Nah, kita tunggu bersama acara menarik tersebut (ymn)