Program Jazz untuk Hard Rockers

By on February 22, 2000

HARD Rock FM (HRFM), Jakarta, punya acara baru. Kali ini, stasiun radio yang populer dengan konsep life style & entertainment ini menghadirkan sebuah acara baru yang “menyimpang” dengan konsep siarannya selama ini. Padahal, acara baru yang telah memasuki masa siaran ketiga ini terbilang berani. Ketika banyak stasiun radio menghindari jazz, HRFM justru memilih jazz sebagai programa baru. Nama acara tersebut adalah Jazz An Hour, yang memiliki jam siaran yang sama dengan nama acara tersebut.

Jazz An Hour (JAH) hadir setiap hari minggu, Pukul 21.00 – 22.00, dengan pembawa acara Farhan, presenter yang juga menjadi host acara Good Morning Hard Rockers. Informasi yang disampaikan –di samping komposisi-komposisi jazz ringan — adalah: Jazz Story ; yang mengangkat sebuah cerita atau gosip tentang tokoh atau bintang musik jazz, Jazz For You ; kesempatan yang diberikan kepada pendengar untuk meminta lagu, Jazz Info ; Informasi acara atau album yang menghadirkan penyanyi dan musisi jazz, baik lokal maupun internasional.

JAH mulai diudarakan sejak awal Februari lalu. Target pendengarnya adalah Hard Rockers pecinta jazz, yang ingin mendapatkan informasi aktual seputar musik jazz. Sekalipun hanya diudarakan selama satu jam, JAH ternyata mendapat tanggapan yang positif dari pendengar HRFM. Banyak permintaan tembang-tembang jazz bermunculan, sekalipun tak semuanya diputar.

Dari pengamatan Horizon-line.Com terhadap acara tersebut, dapat disimpulkan bahwa JAH cukup menarik untuk disimak. Kesan bahwa jazz sukar untuk dinikmati, terasa menjadi funky, ketika dibawakan oleh Farhan. JAH memang tak didominasi oleh komposisi-komposisi jazz standar yang rumit. Sekalipun komposisi yang ditawarkan mudah dinikmati, JAH agaknya cukup menghilangkan kerinduan kita terhadap komposisi-komposisi jazz yang mulai menghilang dari udara. Semoga tetap mengudara. Selamat untuk HRFM, dan stay tune di gelombang 87,60 Hard Rock FM (yollismn)