Poncho Sanchez, Perkusionis Jazz Latin

By on April 30, 2001

Di kalangan musisi jazz latin, nama Poncho Sanchez bukan ‘barang’ asing. Ia dikenal pekerja keras, pemimpin band yang ulet, kreatif serta disiplin. Dia juga pemain perkusi yang handal.

Tak heran kalau di ajang Billboard Latin Music Awards ke-12, yang belum lama berlangsung, namanya terpilih sebagai penyandang Album Latin Jazz tahun ini. Sebuah prestasi yang terbilang menarik.

Bisa jadi namanya tenggelam di antara nama-nama tenar macam Son By Four — grup asal Spanyol yang melakukan sapu bersih 7 penghargaan, atau penyanyi pop Christina Aguilera atau juga Gloria Estefan. Namun, di kalangan pemerhati jazz, namanya tak akan luput dari perhatian.

Perkusionis yang sudah membukukan 18 album rekaman ini menyabet album latin jazz terbaik lewat album Latin Soul, yang juga menyabet Grammy Awards tahun lalu. Sebuah pengakuan yang memang pantas untuknya mengingat kiprah jazznya yang luar biasa.

Acara Billboard Latin Music Awards sendiri, seperti diketahui, adalah acara puncak konferensi musik latin yang digelar majalah musik paling bergengsi, Billboard, di Jackie Gleason Theater, Miami Beach, Florida.

Tahun 2000 lalu, perkusionis jempolan kelahiran Texas ini merayakan 20 tahun karirnya sebagai band leader dengan menerbitkan album Soul of The Conga, album yang bertabur bintang jazz antara lain Joey DeFransesco & Terence Blanchard. (mnh)

Foto: PonchoSanchez.com