Latin Jazz

Periode 1960-1970

Mario Bauza (The Tanga Suite)Latin Jazz adalah istilah umum untuk aliran musik yang mengombinasikan ritme asal Afrika, dan Amerika Latin dengan musik jazz dan harmoni klasik dari Amerika Latin, Kepulauan Karibia, Eropa dan Amerika Serikat. Ada dua katagori utama Latin Jazz, yaitu Brazilian Latin Jazz, misalnya, bossanova dan Jazz Cuba yang merupakan gabungan antara musik Kuba dan jazz Amerika misalnya Cubop. Latin Jazz mencapai masa keemasannya pada akhir era 1940-an.

Sejarah kemunculan Latin Jazz dimulai saat Dizzy Gillespie dan Stan Kenton menggabungkan ritme musik Afro-Kuba, dimainkan Machito and His Afro-Cubans, dimana sang pengarah musik, Mario Bauza menciptakan komposisi Latin Jazz pertama berjudul Tanga, pada 31 Mei 1943. Pada 1946, Stan Kenton merekam Machito yang ditulis Pete Rugolo yang seringa dianggap sebagai rekaman LatinJazz pertama yang dilakukan musisi jazz Amerika Serikat.

Latin Jazz masih terbagi dalam beberapa aliran lagi. Samba berawal dari musik Afro-Brasilia pada abad ke-19 seperti Lundu. Sementara itu, Bossanova berasal  dari ritme samba yang terpengaruh musik Amerika mulai dari Debussy hingga jazz . Bossanova muncul pada 1960-an terutama merupakan karya dari musisi Brasil, Antonio Carlos Jobim dan Joao Gilberto dan  musisi jazz Amerika, Stan Getz. Salah satu komposisi Latin Jazz paling terkenal adalah, The Girl From Ipanema yang dibawakan Gilberto dan istrinya, Astrud Gilberto.

Musisi Latin Jazz:
Ray Barretto, Bolero Jazz, Candido, Descargas All-Stars, Paquito d’Rivera, Irakere, Pete La Roca, Edú Lobo, Machito Airto Moreira, Chico O’Farrill, Charlie Palmieri, Flora Purim, Gonzalo Rubalcaba, Hilton Ruiz , Poncho Sanchez , Arturo Sandoval, Mongo Santamaria, Cal Tjader, Chucho Valdés, dsb.

Album Latin Jazz:
Acid (Ray Barretto), Cha Cha Cha at the El Morocco [Sonido]  (Tito Puente & Pepe Luis), Cuban Blues: The Chico O’Farrill Sessions (Chico O’Farrill)Discovery: Live at Montreux (Gonzalo Rubalcaba), Free (Airto), Impulsos (Charlie Palmieri), Lucumi (Chucho Valdes)Mongo’s Greatest Hits (Mongo Santamaria), Monterey Concerts (Cal Tjader), dsb.

(Ervan/Yollis/berbagai sumber)