Dixieland

Periode 1940 – 1950

Louis Armstrong & His All StarsDixieland yang juga dikenal sebagai Hot Jazz atau New Orleans Jazz dikembangkan di New Orleans pada awal abad ke-20. Kemudian jenis musik ini disebarkan ke Chicago dan New York, oleh sejumlah band New Orleans sejak 1910. Istilah Dixieland menjadi lumrah digunakan setelah kemunculan Original Dixieland Jazz Band tahun 1917. Kelompok ini sangat dikenal dalam khazanah musi jazz karena merekalah kelompok pertama dalam sejarah jazz yang berhasil menjual rekaman hingga satu juta kopi.

Dixieland sudah dimainkan sejak awal abad ke-20. Louis Armstrong’s all stars adalah kelompok musik yang paling sering dikaitkan dengan gaya ini, meski pengaruh Armstrong sangat kental dalam semua jenis jazz. Pada  era 1930-an, swing yang mulai menuju kepopulerannya memberikan dampak buruk bagi perkembangan gaya Dixieland. Banyak musisi jazz Dixieland yang karirnya berakhir akrena tak mampu menyaingi kepopuleran swing.

Pada akhir 1940-an hingga era 1950-an Dixieland sempat bangkit kembali. Saat itu, banyak musisi yang setengah pensiun kembali terjun ke dunia musik jazz setelah lama tidak absen, misalnya Kid Ory. Sebagian besar kelompok musik Dixieland di masa itu hanya memainkan kembali rekaman-rekaman lagu di masa-masa kejayaan mereka. Sebagian kecil lainnya mencoba untuk menciptakan lagu-lagu baru dibarengi penampilan yang inovatif. Sebagai contoh, pada era 1950-an sebuah gaya yang disebut Progresif Dixieland mencoba untuk menggabungkan melodi tradisional Dixieland dengan ritme bebop. Gaya seperti ini kerap disebut Dixie-bop.

Musisi Dixieland:
Henry “Red” Allen, Louis Armstrong, Sidney Bechet, Eddie Condon, Wild Bill Davison, Bobby Hackett, Al Hirt, Red Nichols, Kid Ory, Pee Wee Russell, Jack Teagarden, Lu Watters, Billy Butterfield, Doc Cheatham, George Girard, Art Hodes, Joe Marsala, Jimmy McPartland, Bob Scobey, George Wettling.

Album Dixieland:
Dixieland All Stars  (Eddie Condon), Great Chicago Concert 1956  (Louis Armstrong), Jazz A-Plenty, Wild Bill (Davison with George Brunis), Jazz Original (Pee Wee Russell), Ken Burns Jazz  (Louis Armstrong), Legendary Kid  (Kid Ory’s Creole Jazz Band), Live at the Roosevelt Grill (Bobby Hackett With Vic Dickenson), Louis Armstrong Plays W.C. Handy (Louis Armstrong All-Stars), Manhattan Masters (Muggsy Spanier), Red Nichols and His Five Pennies, Vol. 2 (Red Nichols).

(Ervan/Yollis/berbagai sumber)