Karimata

karimataNama Group   : Karimata
Terbentuk       : Di Jakarta, Desember  1985
.
Kelompok fusion yang dimotori Candra Darusman ini mengambil nama selat yang melintasi pulau Jawa dan Kalimantan sebagai jatidiri kelompok. Karimata terbentuk atas gagasan Candra Darusman yang sebelumnya dikenal sebagai pendiri kelompok Chaseiro dan Didi Hadju, pemusik yang di era 60an dikenal sebagai motor kelompok The Step .
.
Gagasan ini lalu bersambut. Candra  Darusman (piano)  lalu menghubungi Erwin Gutawa (bass) dan muncullah nama nama seperti Uce Haryono (drums) dan Denny TR (gitar).Erwin dan Uce pernah menyatu dalam kelompok Transs yang digagas Fariz RM pada tahun 1981. Candra sendiri selalu menggunakan kemampuan bermain drum Uce pada kelompok Chaseiro dan album solo Candra Darusman. Denny TR sendiri saat itu tengah bergabung dalam kelompok Hydro yang terdiri atas Helmi Chaseiro (vokal),Yuke Sumeru (bass),Rudy Subekti (drum) dan Ocon (keyboard).
.
Jadi sebetulnya para pendukung Karimata bukanlah orang asing lagi. Ditambah Aminoto Kosin, pemain keyboards yang baru saja menyelesakikan pendidikan musik di Berklee Music Of College,Boston,Amerika Serikat. Banyak yang membandingkan aura musik fusion Karimata cenderung mendekati gaya GRP -nya Dave Grusin. Ini tersimak jelas pada album perdananya “Pasti” yang dirilis Prosound pada tahun 1986.
.
Penampilan perdana Karimata berlangsung pada tanggal 7 Februari 1986 di Hotel Indonesia, Jakarta, di saat berlangsung acara “Malam Perkenalan Pengurus Himpunan Pengurus Musik Jazz. Sejak itulah Karimata mulai tampil di pentas pentas jazz termasuk di pentas jazz bergengsi dunia yang berlangsung pada paruh bulan Juli 1986 yaitu “North Sea Jazz Festival’86”,  yang berlangsung di Den Haag, Belanda.
.
Karimata sejak tahun 1986 hingga 1991 telah merilis sebanyak 5 album,yaitu “Pasti” (1986),”Lima” (1987),”Biting” (1988),”Karimata” (1990) dan “Jezz” (1991).
.
Karimata yang juga pernah didukung bintang tamu Embong Rahardjo (saxophone), juga mengalami beberapa pergantian drummer, mulai dari Uce Haryono, Aldy hingga Budhy Haryono.
.
Menariknya, disetiap albumnya,Karimata senantiasa menampilkan sederet bintang tamu seperti Harvey Malaihollo,Ruth Sahanaya,January Christie, Dian Pramana Poetra, Lydia Noorsaid, Ricky Basuki, La Storia,Ramona Purba,Neno Warisman hingga Katara Singers.Bahkan pada album “Karimata” (1990) tampil peniup flute sohor Dave Valentin sebagai bintang tamu serta munculnya sederet artis jazz,  seperti Bob James, Lee Ritenour, Phil Perry dan Don Grusin pada album “Jezz”. (Denny Sakrie/Horizon-Line.Com)
.
Diskografi: