Didi Chia

Nama Lengkap : Arthur Frederick Chia | Tanggal Lahir : Manado,12 Agustus 1933
Meninggal : Jakarta,9 Mei 2007

Lelaki berpembawaan tenang ini adalah salah satu dari sedikit pianis jazz berbakat di negeri ini. Dilahirkan dengan nama Arthur Frederick Chia, tapi lebih dikenal dengan sapaan Didi Chia.

Pada tahun 1962  Didi mulai membentangkan sayap musiknya dalam ranah jazz. Bersama dengan Jack Lesmana dan Bill Saragih, Didi bermain musik jazz di Hotel Indonesia.

Bersama Bill Saragih membentuk kelompok The Jazz Riders, yang antara lain didukung oleh Bill Saragih dan Oele Pattiselanno. Oom Didi Chia termasuk legenda. Sampai saat ini, belum ada pianis jazz yang punya gaya seperti dia. Kelebihannya itu pada voicing dan comping. Tak ada orang yang tak mau diiringi beliau,” kata pianis jazz, Indra Lesmana, seperti dikutip Kompas (10/5/2007).

Pada tahun 1971, Didi Chia bersama dengan Lesmana (gitar,bas), Benny Mustapha van Diest (drums), Benny Likumahuwa (trombone,bass), dan Oele Pattiselano (gitar), tergabung dalam sebuah kelompok yang khusus memainkan genre Dixieland,  di Borobudur Hotel, Jakarta.

Didi  Chia yang senantiasa berpenampilan tenang jika memainkan tuts piano, tercatat pernah merilis beberapa album rekaman, misalnya Rest & Rilex, yang dioproduksi oleh PT Pramaqua dengan Karim Suweileh sebagai produser musik sekaligus pemainnya. Selain itu, Didi Chia juga pernah membentuk Mellow Tones bersama Oele Pattiselanno (gitar), Jeffrey Tahalele (bass), Perry Pattiselanno (bass)  dan Douglas Verga (drum). Sayangnya grup ini tak berusia lama. Douglas, yang berkebangsaan Amerika, kembali ke kampung halamannya.

Permainan piano Didi dapat kita simak dalam berbagai album jazz, mulai dari Margie Segers, Rien Djamain, Mus Mualim, Kiboud Maulana, dan masih banyak lagi.

Atas prestasi dan kontribusinya dalam konstelasi musik jazz di Indonesia, Didi Chia mendapatkan penghargaan “Lifetime Achievement” dari pihak Java Jazz Festival, pada 2 Maret 2007, yang disampaikan oleh Peter F. Gontha. Tak lama berselang, Didi Chia menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 9 Mei 2007,  dalam usia 73 tahun.

DISKOGRAFI :
1. Rest & Rilex – Didi Chia – (Pramaqua, 1976)
2. Semua Bisa Bilang – Margie Segers (Hidayat, 1975)
3. Api Asmara – Rien Djamain (Hidayat,1975)
4. Instrumental Hits – Kiboud Maulana (AR, 1977)
5. Musik Santai – Kiboud Maulana (AR, 1978)
6. Mus Mualim Present Swing Jazz – Mus Mualim (Granada, 1980)

(Denny Sakrie/Horizon-line.Com)