Benny Likumahuwa

Nama Lengkap : Benny Likumahuwa | Tanggal Lahir : Kediri, 18 Juni 1946

Benny Likumahuwa adalah seorang multi instrumentalis dan juga pendidik jazz yang gesit. Mengenal musik dari ibunya. Sejak remaja, ia belajar musik dan not balok secara otodidak. Awalnya dia memainkan instrument perksui seperti conga dan bongo, lalu tertarik dengan instrument bass. Ketika Benny mulai tertarik dengan musik jazz dia mulai bermain instrument tiup, mulai dari clarinet hingga saxophone — termasuk flute dan trombone.

Di  tahun 1966 Benny bergabung dengan Crescendo di Bandung. Lalu, pada  1968 Benny bergabung dengan grup rock The Rollies, dan merekam 2 album di Philips Singapore. Benny  juga bermain dalam berbagai band di klub-klub malam Bangkok, kemudian  membentuk band multinasional The Augersindo, yang bermain keliling di negara-negara Asia.

Setelah melanglang buana, Benny kembali lagi ke Jakarta dan bergabung dengan The Jazz Raiders, Jack Lesmana Combo, Trio ABC (Abadi Soesman, Benny Likumahuwa, dan Chandra Darusman). Kemudian pada tahun 1980 Benny bergabung lagi bersama Ireng Maulana All Star, disamping itu dia juga bermain secara freelance dengan kelompok jazz lainnya.

DISKOGRAFI :
1. Halo Bandung – The Rollies (Phillips Singapore 1968)
2. Gone Are The Song of Yesterday –The Rollies (PhillipsSingapore 1968)
3. Let’s Start Again –T he Rollies (Remaco 1971)
4. The Rollies – The Rollies (Remaco 1972)
5. Sign Of Love – The Rollies (Purnama Record 1973)
6. Live In TIM – The Rollies (Hidayat 1976)
7. Tak Kusangka – The Rollies (Hidayat 1976)
8. Keadilan – The Rollies (Musica Studio’s 1977)
9. Jazz Masa Kini – Abadi Soesman Jazz Band (Atlantic Record 1981)

(Denny Sakrie/Horizon-line.Com)