Ornette Coleman

(Lahir Maret 1930 – )

.
Ornette ColemanOrnette Coleman lahir dan besar di Fort Worth, Texas dan di sana pula dia memulai penampilannya memainkan R&B serta bebop  dan memainkan saksofon tenor. Namun, untuk mencari pekerjaan, Coleman harus jauh meninggalkan kampong halamannya. Tahun 1949, dia bekerja untuk kelompok hiburan keliling, Silas Green, dari New Orleans, lalu kemudian dengan kelompok musik blues keliling. Usai pentas di Baton Rouge, Coltrane mendapat serangan dan saksofonnya dirusak.

Setelah insiden ini Coleman beralih ke alto saksofon, karena itulah satu-satunya alat musiknya yang tersisa. Kemudian dia bergabung dengan Pee Wee Crayton dan bersama pekerjaan barunya ini dia berangkat ke Los Angeles. Di kota ini sambil mengejar karir musiknya dia menjalani berbagai macam pekerjaan antara lain pernah menjadi operator elevator.

Sejak awal karirnya, gaya bermusik Coleman dalam berbagai hal tidak bisa dikatakan tradisional. Pendekatannya terhadap harmoni dan pergantian chord jauh berbeda dengan para musisi bebop saat itu. Dia lebih memilih memainkan musim yang dia dengar ketimbang bermain sesuai chorus dan harmoni. Pada tahun 1958, Coleman sudah masuk dapur rekaman untuk perusahaan rekaman Contemporary dan menghasilkan Something Else!!!: The Music of Ornette Coleman. Dalam rekaman ini, Coleman menggaet pemain terompet Don Cherry, drummer Billy Higgins, bassis Don Payne dan pianis Walter Norris. Sayangnya, tak ada dokumentasi yang mengabadikan awal karir Coleman, yang sejak awal karirnya terinspirasi Charlie Parker.

Antara tahun 1959-1961, Coleman merekam sejumlah album klasik untuk perusahaan rekaman Atlantic. Kemudian bersama Don Cherry, Charlie Haden, Scott LaFaro dan Jimmy Garrison pada bas, serta Billy Higgins atau Ed Blackwell pada drum, Coleman menciptakan musik yang kemudian mempengaruhi para musisi tahun 60-an seperti John Coltrane, Eric Dolphy dan para musisi free jazz di pertengahan 1960-an.

Pada tahun 1962, Coleman merasa seharusnya dia bisa memperoleh lebih banyak uang dari yang diberikan klub dan perusahaan rekaman yang mengontraknya, mengagetkan dunia jazz dengan menyatakan mundur sementara dari musik. Tak lama kemudian, dia membentuk trio bersama bassis David Izenzon, dan drummer Charles Moffet. Ini merupakan awal periode kesuksesan internasional yang dibarengi dokumentasi sejumlah rekaman penampilan live dari beberapa tur Eropa pada tahun 1965. Trio ini juga menggarap lagu tema untuk film Chappaqua Suite bersama dengan sebuah ensemble musik klasik.

Awal 1970-an, Coleman memasuki paruh kedua karir musiknya. Dia membentuk dobel kuartet yang menampilkan dua gitar, dua eletrik bas, dua drummer dan saksofon altonya. Grup baru ini bernama Prime Time yang menghasilkan sebuah musik yang ramai dimana semua pemain memiliki peran sama meski penampilan saksofon alto Coleman selalu lebih menonjol. Dia kemudian menyebut musiknya harmodolics yang merupakan symbol kesetaraan antara harmoni, melodi dan ritme, meski mungkin istilah free funk jauh lebih cocok untuk menyebut musik Coleman. Prime Time adalah pengaruh utama musik M-Base Coleman dan Greg Osby.

Pat Metheny – yang merupakan fans lama Coleman, bergabung dengan sang idola dalam komposisi Song X, dan selama 1980-an Coleman masih melakukan reuni dengan anggota kuartet pertamanya. Pada 11 Februari 2007 Ornette Coleman memperoleh penghargaan Grammy untuk prestasi seumur hidup sebagai pengakuan atas karirnya yang panjang di dunia musi jazz. (ervan/ymn/dari berbagai sumber)