Herman Poole Blount “Sun Ra”

(22 Mei 1914 – 30 Mei 1993)

Sun RaMusisi yang terlahir dengan nama Herman Poole Blount ini dikenal sebagai composer jazz, pianis, dan pemain synthesizer, penulis puisi dan filsuf. Dia dikenal dengan filosofi kosmik, komposisi musik dan gaya panggungnya. Sebagian kritikus musik menganggap Sun Ra adalah musisi jazz paling kontroversial. Sun Ra memang nyentrik, dia mengklaim dirinya merupakan bagian dari ras malaikat yang berasal dari planet Saturnus. Sun Ra juga mengembangkan filosofi kosmik dan lirik-lirik puitis yang membuatnya sebagai pelopor aliran afrofuturism, di mana dia selalu mengingatkan bahwa perdamaian di atas segalanya.

Dia membuang nama kelahirannya dan mengubah namanya menjadi Sun Ra. Dalam mitologi Mesir Kuno, Ra adalah Dewa Matahari. Dia juga menggunakan beberapa nama lain misalnya Le Sonra dan Sonny Lee. Sun Ra selalu mengingkari semua hubungan dengan nama kelahirannya dengan berkata “Blunt adalah manusia imajiner tak pernah eksis. Semua nama yang saya gunaka selain Ra adalah nama samaran.”

Sun Ra boleh saja mengaku berasal dari Saturnus. Namun, sebagai manusia Bumi dia lahir di Alabama tahun 1914 sebagai Herman ‘Sunny’ Blount. Kemunculan Blount alias Sun Ra alias Tuan Misteri pertama kali saat dia menjadi pianis Fletcher Henderson band dan hingga akhir hidupnya Sun Ra tetap diakui sebagai musisi jenius dnegan gaya ekstra galaktiknya.

Meski bergaya controversial, Sun Ra adalah seorang innovator besar. Dia sudah memimpin band sendiri pada 1934. Selain itu dia juga menjalani berbagai profesi secara paruh waktu di kawasan barat tengah Amerika Serikat, bekerja sebagai pianis dan pencipta lagu untuk Fletncher Henderson pada 1946-1947. Sun Ra juga muncul dalam beberapa rekaman pada awal 1948 namun baru benar-benar menghasilkan rekaman pada 1953. Dia memimpin sebuah big band, yang dia sebut Arkestra di Chicago. Di sana Ra mencoba memainkan advanced bop, namun tetap terbuka pada pengaruh berbagai budaya, bereksperimen dengan keyboard elektrik.

Setelah pindah ke New York pada 1961, Ra menggelar beberapa karyanya. Pada tahun 1970 dia memindahkan Arkestranya ke Philadelphia dan dalam beberapa tahun selanjutnya dia memilih untuk menciptakan improvisasi bebas dengan nada-nada mistik dan melodi swing yang eksentrik. Sebagian besar rekan-rekan terpentingnya datang dan pergi selama puluhan tahun karir Sun Ra misalnya Marshall Allen dan Pat Patrick.  Banyak inovasi Sun Ra yang hingga kini dianggap penting misalnya Ra adalah musisi jazz pertama yang memakai dua bass, menggunakan bass elektrik, memainkan keyboard dan menggunakan banyak perkusi. Dia juga memproklamirkan bahwa jazz berasal dari Afrika danmemasukkan dimensi mistik dan spiritual ke dalam musiknya. (koko/ymn/berbagai sumber)