David Warren Brubeck

(6 Desember 1920 – )

davebrubeckDave Brubeck adalah seorang pianis yang dianggap sebagai salah satu ikon jazz. Dia telah menciptakan banyak komposisi jazz standard seperti In Your Own Sweet Way dan The Duke. Gaya bermusik Brubeck mencerminkan upaya sang ibu melatih Brubeck dalam musik klasik. Dia juga dikenal dengan kemampuannya yang sangat tinggi dalam berimprovisasi. Brubeck dilahirkan pada 6 Desember 1920.

Brubeck belajar musik di College of the Pacifik pada tahun 1938-1942. Kemudian dia memimpin band angkatan darat untuk pasukan Jendral Patton selama Perang Dunia II. Usai perang, pada tahun 1946 Brubeck kembali menimba ilmu di Mills College dengan bimbingan composer musik klasik Darius Milhaud yang mendorong Brubeck untuk menekuni musik jazz. Dalam kurun waktu 1946-1949, Brubeck memimpin grup yang terutama terdiri dari kawan-kawan kuliahnya dan mereka dikenal sebagai the Dave Brubeck Octet.  Karya mereka, yang dirilis tahun 9151, masih enak dinikmati hingga saat ini.

Brubeck kemudian membentuk trio bersama drummer Cal Tjader dan pemain bas Ron Crotty. Mereka bertiga menghasilkan rekaman yang cukup populer di kawasan Bay Area dalam kurun waktu 1949-1951. Namun, trio ini bubar saat Brubeck mengalami cedera punggung setelah berenang dan harus beristirahat total selama enam bulan. Setelah pulih dari cedera, tahun 1951 seorang vokalis alto Paul Desmond mendesak Brubeck untuk membentuk kuartet. Dalam dua tahun, tanpa diduga kuartet ini menjadi cukup terkenal. Penyebabnya adalah suara merdu Desmond dan permainan piano Brubeck yang penuh eksperimen.

The Dave Brubeck Quartet secara teratur melakukan perjalanan tur ke seluruh dunia hingga mereka bubar pada tahun 1967. Setahun kemudian Brubeck kembali ke dunia musik jazz dengan membentuk kelompok kuartet baru dengan menampilkan Gerry Mulligan. Brubeck juga beberapak kali tampil dalam pertunjukan reuni dengan Desmond hingga vokalis itu meninggal dunia tahun 1977. Kemudian Brubeck bergabung dengan ketiga putranya Darius, Chris dan Danny dalam Two Generations of Brubeck era 1970-an. Pada awal decade 1980-an, pemain saksofon tenor Jerry Bergonzi bergabung dalam grup kuartet Brubeck. Dan di pertengahan 1980-an pemainklarinet Bill Smith, yang juga anggota awal octet Brubeck, ikut bergabung bersama vokalis Bobby Miitello.

Atas karirnya yang panjang di dunia musik Dave Brubeck memperoleh sejumlah penghargaan. Tahun 1996 dia menerima Grammy Lifetime Achievement Award. Kemudian dari Universitas Notre Dame dia menerima Laetare Medal, sebuah penghargaan tertinggi dan paling bergengsi  untuk warga Amerika penganut Katholik. Pada 8 April 2008, Menteri Luar Negeri AS, Condoleeza Rice menganugerahkan penghargaan Benjamin Franklin for Public Diplomacy. Pemerintah AS menilai, Brubeck telah memberikan harapan, kesempatan dan kebebasan melalui karya-karya musiknya. Sementara itu Gubernur California Arnold Schwarzenegger dan istrinya Maria Shriver memutuskan pada 28 Mei 2008 nama Dave Brubeck masuk ke dalam daftar Calilfornia Hall of Fame di Museum Sejarah, Perempuan dan Seni California.  (ervan/ymn/dari berbagai sumber)