Chesney Henry ‘Chet’ Baker

(23 Desember 1929 – 13 Mei 1988)

.
Chet BakerChet Baker lahir dalam keluarga musik di Yale, Oklahoma. Ayahnya adalah pemain gitar professional dan Baker memulai karir menyanyinya sebagai anggota koor gereja. Sang ayah memperkenalkan Chet pada trombone. Chet kemudian beralih ke terompet, karena merasa trombone terlalu besar untuknya. Mendapatkan pendidikan musik di Glendale Junior High School, namun meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun untuk bergabung dengan Angkatan Darat Amerika Serikat. Dia ditempatkan di Berlin dan bergabung dengan band pasukan ke-289 Angkatan Darat.

Tahun 1948, Chet meninggalkan Angkatan Darat untuk belajar teori dan harmoni musik di El Camino College, Los Angeles. Setelah dua tahun, dia meninggalkan sekolah ini dan mendaftar kembali ke Angkatan Darat pada tahun 1950, namun dia sekali lagi meninggalkan militer untuk mengejar karir musik. Kemudian Chet Baker menjadi anggota band pasukan ke-6 di Presidio, San Francisco, namun tak lama kemudian dia menghabiskan waktunya di klub-klub jazz San Francisco, seperti Bop City dan Black Hawk.

Penampilan professional pertamanya yang patut dicatat adalah, saat tampil bersama saksofonis band Vido Musso dan  Stan Getz. Namun, namanya semakin terkenal setelah dia dipilih Charlie Baker untuk bermain bersama dalam beberapa pertunjukan West Coast. Tahun 1952, Baker bergabung dengan kuartet Gerry Mulligan, yang kemudian menjadi fenomena. Beberapa hal yang membuat kuartet Mulligan/Baker istimewa adalah: perpaduan antara permainan saksofon baritone Mulligan, dan tiupan terompet Baker, yang justru tidak memainkan melodi yang sama seperti Charlie Parker dan Dizzy Gillespie.

Komposisi My Funny Valentine, versi kuartet Baker, yang memperdengarkan permainan trumpet solo Baker, menjadi hit yang selalu diidentikan dengan dirinya. Sayangnya, kesuksesan kuartet ini tak bertahan lama. Belum setahun berdiri, Gerry Mulligan justru berurusan dengan hukum karena penggunaan obat-obatan terlarang.

Tahun 1953-1954, Baker membentuk kuartet bersama Russ Freeman, dan kali ini diperkuat bassis Carson Smith, Joe Mondragon, Jimmy Bond, serta drummer Shelly Mane, Larry Bunker dan Bob Neel. Kuartet ini menangguk sukses dalam tiga penampilan mereka tahun 1954, yaitu di Ann Arbor, Michigan, dan dua penampilan lain di Los Angeles. Dalam beberapa komposisi, Baker tak hanya meniup terompet tapi juga memainkan boobams, perkusi semacam drum yang terbuat dari bambu. Alat ini digunakan Baker hingga tahun 1956, dan album terakhirnya yang menggunakan boobams adalah Chet Baker and the Crew.

Karir cemerlang Baker ternoda karena kegemarannya menggunakan obat-obatan terlarang. Kecanduannya ini sudah terjadi sejak 1950, dan mengakibatkan penurunan drastis karir musiknya. Baker bahkan harus menjual peralatan musiknya, hanya untuk membeli obat-obatan terlarang. Pada awal 1950-an, Baker harus mendekam selama setahun di penjara Italia, akibat penggunaan obat-obatan terlarang. Dia juga diusir dari Jerman Barat dan Inggris juga terkait kasus penggunaan narkoba. Baker juga pernah dideportasi dari Jerman Barat akibat pelanggaran yang sama untuk kedua kalinya. Dia kemudian tinggal di California Utara dan dia juga sempat mendekam sebentar di penjara akibat memalsukan resep obat.

Tahun 1966, Baker mengalami pemukulan setelah tampil di San Francisco. Akibatnya, dia menderita sejumlah luka dan kehilangan dua gigi depannya. Ada yang mengatakan cerita ini hanya rekaan belaka, sebab kabarnya, kedua gigi depan Baker yang hilang itu diakibatkan penggunaan obat-obatan secara berlebihan. Antara tahun 1966-1974, Baker lebih sering menampilkan dan merekam musik yang dikatagorikan sebagai smooth jazz.

Pada hari Jumat, 13 Mei 1988, pukul 3 dini hari, Baker ditemukan meninggal dunia di sebuah jalan di bawah kamar Hotel Prins Hendrik, Amsterdam tempat dia menginap. Saat ditemukan, ditemukan sejumlah luka serius di bagian kepala. Sementara di kamar hotelnya, polisi menemukan heroin dan kokain. Dari hasil otopsi ditemukan juga kandungan heroin dan kokain di dalam tubuhnya. Tak ada tanda-tanda kekerasan lain dan kematian Baker dinyatakan sebagai sebuah kecelakaan.

Minimnya saksi mata menimbulkan rumor, yang menyebutkan bahwa Baker dibunuh atau bunuh diri. Jasad Baker kemudian dibawa kembali ke Amerika Serikat, dan dimakamkan di Pemakaman Inglewood, California. Sebuah plakat ditempelkan di luar hotel untuk mengenang Chet Baker. (ervan/ymn/dari berbagai sumber)