Abdullah Ibrahim Akan Tampil di Jakarta

By on May 11, 2001

Pianis jaz asal Afrika Selatan, Abdullah Ibrahim, rencananya akan tampil di Jakarta pada 17 Mei mendatang, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Demikian informasi yang disampaikan oleh pihak Kedutaan Besar Afrika Selatan di Jakarta, Kamis (10/5).

Acara menarik ini dilaksanakan oleh pihak Kedutaan Besar Afrika Selatan, Jakarta, dan merupakan acara musik jazz yang bertujuaan untuk memperkenalkan musisi jazz asal Benua Hitam tersebut kepada komunitas jazz di Indonesia.

Acara jazz ekselusif yang digelar secara cuma-cuma ini,  juga ditujukan untuk komunitas ekspat, khususnya yang berasal dari Afrika Selatan, dan pencinta jazz pada umumnya, untuk bersantai dan menikmati permainan musik jazz dari pianis yang lahir di Cape Town, South Africa, 9 Oktober 1934 ini.

Ibrahim adalah seorang pianis jazz yang dipuji oleh Duke Ellington. Belajar piano sejak usia tujuh tahun, dan menjadi musisi profesional pada 1949, serta pernah tampil bersama Duke Ellington, Wilie Max Big Band, Hugh Masekela, dan menjadi anggota dari Jazz Epistles — salah satu grup jazz asal Afrika Selatan.

Permaian piano Ibrahim sangat khas. Oleh banyak pengamat dinilai sebagai pencampuran yang sempurna antara musik Afrika dan jazz Amerika. Pianis yang menikah dengan vokalis Sathima Bea Benjamin, dan menikah pada 1965 ini pernah menetap di New York, Zurich, dan saat ini tinggal di Afrika Selatan.

Lebih dari 73 album jazz sudah dirilisnya. Di antaranya adalah Ancient Africa, The Dream, African Sketchbook, Anatomy of Sout African Village, dan tampil bersama Duke Ellington dalam album Duke Elington Presents the Dollar Band Trio, hingga album Sangoma. (yollismn)