Pesta Musik Jazz Terbesar di Awal Tahun

By on January 5, 2005

Kalau tak ada aral melintang, Jakarta International Java Jazz Festival (JIJJF) 2005 bakal digelar pada tanggal 4 – 6 Maret 2005  mendatang, di Jakarta Convention Center. Inilah festival musik jazz terbesar di awal tahun 2005, yang melibatkan banyak pendekar jazz Indonesia dan manca negara.

Sejumlah musisi jazz internasional, seperti disebutkan di situs resmi JIJJF, akan hadir memeriahkan pesta musik tersebut. Di antaranya yang sudah dipastikan kehadirannya adalah: Incognito, Jeff Kashiwa, Jeff Lorber, Laura Fygi, Tania Maria, Earth Wind & Fire Experience, Angie Stone, hingga George Duke.

JIJJF akan menyajikan beragam event musik jazz, workshop, Indonesian Jazz Idol Search, Klinik Jazz, dan berbagai aktifitas menarik lainnya. Khusus untuk workshop dan klinik jazz, misalnya, para peserta akan langsung dibimbing oleh musisi-musisi jazz dunia.

Salah satu tujuan dari festival musik jazz ini, seperti diungkapkan Peter F. Gontha, Chairman JIJJF, adalah menjadi media yang bisa meningkatkan apresiasi terhadap musik jazz, dan untuk membangun hubungan baik dengan dunia internasional.

Untuk keberhasilan festival jazz ini, misalnya, pihak penyelenggara  telah melakukan kerjasama dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Pemda DKI Jakarta, dan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Mudah-mudahan JIJJF 2005 dapat menjadi panggung musik kemanusiaan, dan tiket terusan seharga Rp. 375.000,- untuk tiga hari, dapat disumbangkan untuk membantu para korban Gempa Bumi dan Tsunami di Aceh dan Sumatra Utara.

Salut untuk idealisme dan kerjakeras pihak penyelenggara. Semoga festival ini dapat berjalan sesuai rencana! (ymn)