Pesta Jazz Untuk Miles dan Coltrane

By on May 4, 2001

Festival jazz terbesar dan terlama, Monterey Jazz Festival akan dipergelarkan tanggal  21-23 September mendatang. Festival yang kini memasuki usia penyelenggaraan ke 44 ini akan menampilkan tak kurang dari 500 penyanyi dan musisi jazz yang akan bergantian – secara maraton – unjuk kebolehan 3 hari 2 malam nonstop di Monterey Fairgrounds, Monterey, California.

Kemeriahan yang barangkali cuma bisa disaingi oleh festival rock Woodstock ini, tak pelak merupakan gelaran jazz paling akbar. Setiap tahun tiket untuk menonton pertunjukan ini selalu sold out alias ludes. Jadi silakan Anda berburu tiket di situs resminya, sebelum kehabisan.

Pesta besar bagi para musisi jazz dan penggemar jazz di seluruh dunia itu, tahun ini sangat istimewa. Hari pertama, festival akan digebrak dengan acara Directions in Music, persembahan khusus mengenang 75 tahun kelahiran Miles Davis dan John Coltrane.

Para musisi jazz ternama akan tampil di acara ini semisal Herbie Hancock, Michael Brecker dan Roy Hargrove; Penyandang Grammy Awards, Joe Lovano yang akan memainkan komposisi tafsir ulang karya Miles,  Birth of the Cool. yang diaransemen oleh Gunther Schuller; serta pianis yang lama mengawal John Coltrane,  McCoy Tyner trio dengan bintang tamu Branford Marsalis.

Para penampil lain di pesta akbar ini tentu saja bukan nama sembarangan. Taj Mahal, gitaris handal yang pernah main di Monterey tahun 1996, akan unjuk kebolehan lagi. Jagoan organ Hammond B-3, veteran jazz Jimmy Smith & The Dot Com Blues juga akan tampil.

The Lincoln Center Jazz Orchestra atau LCJO pimpinan singa muda Wynton Marsalis, tentu saja wajib tampil. Para singa muda jazz ini akan manggung di panggung yang disediakan untuk bakat-bakat muda jazz, Lyon Stage.

Pesta jazz 3 hari 2 malam nonstop ini selain menampilkan pergelaran musik jazz juga diisi workshop, pemutaran film, presentasi, pameran foto jazz, panel diskusi, dan game menarik seputar jazz yang antara lain digelar majalah jazz terkemuka Down Beat.

Tiga hari dua malam? Menarik sekaligus melelahkan. Tapi, perasaan ‘excited‘ pasti di atas itu semua. Kapan festival serupa ‘mampir’ di negeri kita? (mnh)