Penghormatan untuk Louis Armstrong

By on July 17, 2001

Nama Louis Armstrong di jagat jazz sudah tak asing lagi. Memiliki suara yang khas, Amstrong juga seorang peniup terompet yang handal. Tahun ini, dunia jazz memperingati 100 tahun kelahirannya. Maka, beragam acara pun akhirnya digelar di Amerika Seikat untuk mengenang Amstrong yang lahir di New Orleans pada 4 Agustus 1901, dan meninggal di New York pada 6 Juli 1971 itu.

Pada Sabtu (14/7) pekan lalu, misalnya, digelar sebuah konser mengenang Armstrong di City University, New York, dan dihadiri oleh ribuan pencintanya. Di kampus tersebut, komposisi-komposisi Armstrong diperdengarkan kembali kepada publik.

Peringatan 100 tahun Armstrong juga telah membawa perubahan baru di New Orleans. Pasalnya, mulai 2 Agustus mendatang, seperti dikutip eJazzNews, nama Louis Armstrong akan diabadikan menjadi Louis Armstrong New Orleans International Airport. Pada hari itu juga, ungkap seorang pejabat kota, akan dilakukan pemasangan logo dan identitas baru untuk lapangan terbang yang dibangun pada pertengahan tahun 1940 itu.

Armstrong sangat populer dengan komposi-komposisinya yang legendaris. Sebuta saja What A Wonderfull World, Hello Dolly, On the Sunny Side of the Street, When You’re Smiling, Jeepers Creepers, dan Mack the Knife. Komposisi-komposisi tersebut masih populer hingga kini. Dan, New Orleans memang boleh berbangga untuk itu.  (ymn)