Penerima The Java Jazz Festival Awards 2010

By on March 16, 2010

Tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, pihak Jakarta International Java Jazz Festival (JJF), selalu memberikan penghargaan untuk figur yang lekat dengan dunia jazz, mereka yang berprestasi, dan berjasa terhadap perkembangan dunia jazz. Sebuah apresiasi pihak JJF yang sudah berlangsung sejak 2005 lalu.

Nah, pada penyelenggaraan yang ke-6 pada tahun 2010 ini, pihak JJF kembali memberikan penghargaan kepada insan-insan jazz yang berprestasi. Berikut adalah daftar penerima The Java Jazz festival Awards 2010:

Most Dedicated Indonesian Artist : Margie Seger
Indonesian Young Talent : Demas Narawangsa
Most Dedicated Person to Jazz in Indonesia : Indra Malaon
The International Jazz Icon : George Duke
Jazz Icon on Rise : Roy Hargrove
The Most Supportive Person : Brian Simpson

Untuk kategori Young Talent, misalnya, Demas Narawangsa memang masih baru di ranah jazz tanah air. Usianya baru 17 tahun pada April nanti. Dwiki Dharmawan adalah salah satu musisi yang mempercayakan drumer muda ini untuk mendukungnya. Demas merupakan salah satu drumer muda berbakat yang layak diperhitungkan.

Sedangkan untuk kategori Most Dedicated Artist, nama Margie Seger sudah tak asing lagi di jagat jazz Indonesia. Margie memang konsisten dengan dunia jazz sepanjang karir musiknya. Dengan suaranya yang khas, Margie telah malang-melintang di panggung jazz dan menjadi salah satu ikon jazz Indonesia.

Nama Indra Malaon, yang menerima penghargaan kategori Most Dedicated Person in Jazz, adalah pencinta jazz sejati. Di samping memiliki kepedulian yang tinggi terhadap perkembangan musik jazz di Indonesia, mendiang Indra Malaon juga mendirikan Perhimpunan Jazz Indonesia pada 1983, bersama Tim Kantoso.

Selain beberapa penghargaan di atas, pihak JJF juga memberikan dua tribute kepada mendiang Kenny Rankin, yang mendapatkan plakat “In memoriam” dan Aloysius Riyanto, tokoh musik yang memberikan kontribusi cukup besar kepada industri musik di Indonesia.

Selamat untuk para penerima The Java Jazz Festival awards 2010!  (yollismn)