Nuansa Jazz di HUT Ke-3 Teater Utan Kayu

By on August 14, 2000

TEATER Utan Kayu (TUK), Jumat (4/8) pekan lalu, merayakan ulang tahunnya yang ke-3. Yang menarik, dari perayaan yang dirayakan secara sederhana itu, TUK menggelar sebuah acara bernuansa jazz. Bintangnya malam itu adalah Iwang Noorsaid, Jessica Kenney dan Nyak Ina Raseuki. Maka, perayaan yang banyak dihadiri oleh budayawan itu, akhirnya menjadi sebuah pesta nan jazzy. Malam itu, Iwang yang memainkan keyboard, tampak asyik mengiringi dua vokalis yang membawakan komposisi-komposisi jazz klasik. Komposisi yang terbilang masih “asing” bagi masyarakat awam tersebut tampak dinikmati dengan serius. Sebut saja Solitude, My Ship, How High The Moon, Aint’ Nobody If I Lay, Strange Fruit, atau komposisi jazz Perancis Leus Beau, hingga On Suicide (sebuah komposisi berbahasa Jerman).

Jessica dan Nyak Ina tampaknya bukanlah penyanyi kemarin sore. Lantunan komposisi jazz yang dibawakan mereka memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tinggi. Lihatlah improvisasi yang dilakukan Jessica, yang tampil menawan saat ber-scat singing, diiringi Iwang. Keduanya tampak akrab berkomunikasi melalui rangkaian nada yang terbilang rumit. Iwang, yang tampil ekspresif malam itu, menambah lengkap perpaduan musik jazz yang coba ditawarkan.

Jesica Kenney adalah salah satu penyanyi asal AS, yang baru saja tampil dalam sebuah opera musik bertitel Kali — dewa kematian dalam mitos India, hasil kolaborasi antara seniman-seniman musik Indonesia dan Amerika Serikat. Dia juga intens mempelajari beragam teknik vokal secara formal.

Sedangkan Nyak Ina Raseuki, yang akrab dipanggil Ubiet, adalah salah satu penyanyi etnik kontemporer yang juga tergabung dalam New Jakarta Ensambel. Saat ini Ubiet juga menjadi salah satu staf pengajar di Institut Kesenian Jakarta.

Suasana malam itu tampak semakin meriah karenanya. Beberapa dedengkot TUK, seperti Goenawan Mohammad dan Tony Prabowo tampak hadir, di antara sekitar 200-an tamu yang memadati pelataran TUK. Acara menarik ini juga dihadiri oleh Dwiki Dharmawan, Ratna Sarumpaet, Garin Nugroho, Iwan Fals, Bambang Harimurti, Pia Alisyahbana, dan Sitok Srengenge. Selamat ulang tahun TUK! (ymn)