Nial Djuliarso di Sarasota Jazz Festival

By on March 8, 2000

PIANIS muda berbakat, asal Indonesia, Nial Djuliarso, 19, dipastikan ikut meramaikan Sarasota jazz Festival 2000, yang tahun ini telah memasuki pagelaran yang ke-20. Demikian informasi yang kami dapatkan dari situs festival tersebut, Jazz Club Sarasota.Com, dan konfirmasi yang kami terima melalui e-mail dari Tripudjo Djuliarso, Ayah Nial yang berdomisili di Jakarta.

Nial, satu-satunya musisi jazz muda belia asal Indonesia itu, akan tampil pada 21 Maret, pada Piano Explosion, bersama dengan pianis jazz lainnya seperti Dick Hyman, Marian McPartland, Billy Taylor, Derek Smith, Bill Charlap, serta dibantu oleh Michael Moore (bas) dan Frank Capp (drum).

Festival jazz tersebut akan berlangsung hingga tanggal 26 Maret mendatang, dan digelar dengan beberapa tema, yaitu Jazz in The Park, Jazz At The Library, Evening Concert, Gala Patron Dinner, Jazz On The Bayfront, Jazz Caravan By Trolley, dan Inside Jazz. Nial — pianis yang rencananya akan merilis album di bawah bendera Chico & Ira production — akan tampil pada tanggal 21 Maret.

Nial Djuliarso adalah sedikit di antara pianis muda Indonesia, yang mendapatkan beasiswa untuk belajar di Berklee College of Music, Boston, AS. Peraih penghargaan Jazz Club Schoolarship 1999 ini, belajar musik sejak usia 2,5 tahun. Electone adalah alat musik pertama yang dipelajarinya. Di usia 8 tahun, seperti dikutip Contact – Vol 6 1999, Nial sering mendengar permainan bas Ayahnya di sebuah bar. Saat itu sang Ayah — yang juga seorang musisi ini — sering memainkan komposisi-komposisi jazz bersama grup-nya. Itulah saat pertama Nial tertarik dengan musik dan komposisi jazz. Nah, siapa menyusul? (yollismn)