Musisi Jazz Untuk Stevie Wonder

By on August 15, 2000

HADIAH ulang tahun bisa bermacam-macam. Dari mobil mewah hingga rumah megah di tepi pantai, kawasan Karibia. Nah, apa kira-kira hadiah ulang tahun yang pas untuk seorang penyanyi — sekaligus musisi — sekaliber Stevie Wonder, dari para musisi jazz dunia? Jawabannya adalah sebuah album jazz! Maka, album jazz bertajuk “Happy 50th Birthday: A Jazz Tribute to Stevie Wonder” akhirnya dirilis, sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-50.

Stevie boleh berbangga. Komposisi-komposisinya selalu menjadi hits, ketika dirilis. Itulah salah satu di antara keistimewaan seorang Stevie, yang akhirnya menjadi latar belakang dirilisnya album ini, dan didukung oleh lebih dari 15 musisi jazz dunia. Sedangkan komposisi-komposi di album, yang diproduksi oleh Sony Music Indonesia, di bawah lisensi ekslusif dari Sony Music Entertainment itu, adalah karya-karya emas Stevie yang pernah menjadi hits.

Setelah diseleksi oleh pihak Sony Entertainment, maka 15 komposisi Stevie pun akhirnya dipilihkan untuk dirilis kembali. Di antaranya adalah Living For The City (Ramsey Lewis), My Cherie Amor (Mongo Santamaria), Overjoyed (Grover Washington Jr), Sir Duke (Stanley Turentine), Superstition (Ahmad Jamal), Chan’s Song (Herbie Hancock). Komposisi-komposisi tersebut akhirnya menghiasi album “ultah” untuk si penyanyi jenius berkaca mata hitam itu.

Coba Anda simak komposisi Overjoyed, misalnya, yang dibawakan dengan sangat melankolis oleh Grover Washington. Atau, My Cherie Amor, yang menjadi lain ketika dibawakan oleh Mongo Santamaria. Nuansa pop yang menjadi ciri komposisi-komposisi tersebut tiba-tiba saja hilang, dan didominasi oleh gaya permainan musisi-musisi jazz yang terlibat di album ini.

Pergaulan Stevie dengan banyak musisi (jazz) dunia, membawa dirinya menjadi salah satu penyanyi yang memiliki banyak teman. Dia juga sering berkolaborasi dengan banyak musisi dunia. Michael Jackson, adalah salah satu di antaranya. Juga pernah tergabung dalam USA For Africa, dan berhasil memukau dunia dengan komposisi We Are The World, beberapa tahun lampau.

Stevie, yang bernama asli Steveland Judkins, dilahirkan di Saginaw, Michigan, USA, pada 13 Mei 1950. Ketika dilahirkan, Stevie harus dirawat dan ditempatkan di ruang inkubator, dan langsung menggunakan tabung oksigen — agar tetap bertahan hidup, yang akhirnya membawa dirinya untuk menjadi tuna netra seumur hidup. Ketika berusia 7 tahun , Stevie kecil mulai belajar piano. Dia juga mempelajari drum dan harmonika. Stevie akhirnya diajak oleh Berry Gordy untuk bergabung dengan Motown Records. Berry akhirnya mengganti nama Steveland Judkins menjadi Stevie Wonder, yang kemudian menjadi nama populernya hingga kini. (berbagai sumber/yollismn)