Merayakan Musik Ornette Coleman

By on September 8, 2010

Buat Anda penikmat lengkingan saksofon Ornette Coleman, maka info tentang saksofonis legendaris yang satu ini, layak Anda simak. Ya, pada 24-26 September 2010 mendatang, bertempat di The Jazz Gallery, New York, akan digelar festival musik untuk merayakan karya musik Ornette Coleman yang digagas oleh fotografer jazz kenamaan, Jimmy Katz, dan The Jazz Gallery.

Katz, seperti dikutip Jazz Times,  tertarik untuk menggagas festival musik tersebut setelah Katz bertemu Ornette Coleman pada saat merayakan ulangtahun saksofonis handal tersebut ke-80 beberapa waktu lalu. Ketika itu, Katz terpesona ketika Ornette memainkan musiknya sekitar 35 menit.

Sejumlah musisi papan atas dipastikan hadir di acara menarik tersebut. Di antaranya Trio Lovano Super Sonix (Joe Lovano, Cameron Brown, Joey Baron); Mark Turner Quartet (Avishai Cohen, Joe Martin, Marcus Gilmore); Kevin Hays Quartet (Seamus Blake, Ben Street, Jochen Rueckert); Nasheet Waits and Equality (Stanley Cowell, Eric Revis, Logan Richardson); Jonathan Blake Trio (Wayne Escoffery, Ben Williams); dan Joel Frahm Trio (Martin Wind dan Matt Wilson).

Ornette Coleman lahir dan besar di Fort Worth, Texas dan di sana pula dia memulai penampilannya memainkan R&B serta bebop  dan memainkan saksofon tenor. Namun, untuk mencari pekerjaan, Coleman harus jauh meninggalkan kampong halamannya. Tahun 1949, dia bekerja untuk kelompok hiburan keliling, Silas Green, dari New Orleans, lalu kemudian dengan kelompok musik blues keliling. Usai pentas di Baton Rouge, Coltrane mendapat serangan dan saksofonnya dirusak.

Setelah insiden ini Coleman beralih ke alto saksofon, karena itulah satu-satunya alat musiknya yang tersisa. Kemudian dia bergabung dengan Pee Wee Crayton dan bersama pekerjaan barunya ini dia berangkat ke Los Angeles. Di kota ini sambil mengejar karir musiknya dia menjalani berbagai macam pekerjaan antara lain pernah menjadi operator elevator.

Berikut ini adalah jadwal lengkap dari pesta perayaan musik Ornette Coleman:

Friday, September 24
9:00 p.m.: Johnathan Blake Trio featuring Ben Williams and Wayne Escoffery
10:30 p.m. Mark Turner Quartet featuring Avishai Cohen

Saturday, September 25
7:30 p.m.: Joel Frahm Trio
9:00 p.m.: Kevin Hays Quartet
10:30 p.m.: Vijay Iyer, Matana Roberts & Gerald Cleaver

Sunday, September 26
9:00 p.m.: Nasheet Waits & Equality
10:30 p.m.: Trio Lovano Super Sonix

(ymn)

Foto: Lauren Deutsch©2007