Menonton Atraksi Jazzer Dunia

By on February 2, 2007

Jakarta International Java Jazz Festival 2007 (JJF), yang telah memasuki tahun ke-3 akan kembali di gelar. Rencananya, seperti disebutkan dalam rilis JJF 2007, event musik jazz terbesar di Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 2 – 4 Maret 2007 mendatang, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, seperti disebutkan dalam rilis JJF 2007, visi dari pelaksanaan JJF 2007 adalah membantu menciptakan images yang positif tentang Indonesia kepada masyarakat internasional melalui musik. Itulah sebabnya, ratusan musisi internasional diundang untuk berpartisipasi di JJF 2007.

JJF 2007 diikuti oleh pendekar-pendekar jazz papan atas dari manca negara. Di antaranya adalah Chaka Khan, Dave Weckl, Diana Schuur, Sergio Mendes, David Benoit, Erick Marienthal, Harvey Mason, Jamie Cullum, Jeff Lorber, Jeffrey Osborne, John Scofield, Kenny Rankin, Level 42, Marcus Miller, Rick Braun, Ron Carter, dan Sadao Watanabe.

Buat Anda yang ingin menikmati hentakan permainan drum yang dinamis, maka permainan Dave Weckl harus Anda tonton. Dave memiliki pola permainan yang khas dan enerjik. Penabuh drum yang sering bermain bareng Chick Corea ini, dipastikan akan menyedot penonton yang rindu dengan permainannya yang atraktif.

John Scofield juga tak kalah seru untuk ditonton. Gitaris yang pernah bekerjasama dengan Miles Davis ini pasti akan merebut hati gitaris-gitaris jazz di Indonesia. John memulai karir musikalnya di akhir 1970-an. Bergabung dengan Verve Recods pada 1995, John telah merilis beberapa album, seperti Quiet (1996), A Go Go (1997), Bump (1999), Works For Me (2000), dan pernah berkolaborasi dengan Pat Metheny, Medesky, dan Joe Lovano.

Untuk Anda yang rindu menonton cabikan kontra bas dari seorang maestro, maka Ron Carter adalah pilihan yang tepat. Carter telah berkolaborasi dengan banyak musisi jazz legendaris, seperti Tommy Flanagan, Miles Davis, B.B King, Wes Montgomery, hingga Dexter Gordon. Profesor di bidang musik ini juga menjadi Artistic Director untuk Thelonious Monk Institute of Jazz Studies.

Beberapa musisi jazz lain yang menarik untuk ditonton adalah Marcus Miller, Sergio Mendes, Joshua Redman, dan Harvey Mason. Vokalis seperti Diana Schuur, Jamie Cullum, Keny Rankin, Chaka Khan juga tak boleh Anda lewatkan. Nama-nama besar ini dipastikan akan menyedot pencinta jazz Tanah Air dalam jumlah besar.

Pada 1 Maret 2007, JJF 2007 juga akan menampilkan penampilan 200-an anak-anak berusia 5 – 18 tahun, diiringi instrumen perkusi, serta didukung pula oleh beberapa sekolah internasional yang ada di Jakarta. Program musik bertema Children Are The Future ini akan didukung pula oleh saksofonis asal Jepang, Sadao Watanabe dan Dwiki Dharmawan. (ymn/Foto: JhonScofield.com)