Memposisikan Kembali Jazz Goes To Campus

By on October 7, 2001

Jazz Goes To Campus (JGTC), rencananya, akan kembali digelar pada 11 November mendatang. Sebuah even musik jazz tahunan, yang telah memasuki pelaksanaan ke-24. Dan, seperti biasa, even jazz terbesar yang dilaksanakan di kampus FEUI, Depok, itu akan menampilkan sejumlah musisi-musisi jazz Tanah Air.Tema yang diambil pada tahun ini cukup menarik: “The Past, the present, and the future of Jazz Goes to Campus”. Tema ini, seperti diungkapkan pihak panitia JGTC, adalah untuk mengingatkan kembali perjalanan JGTC, yang pada awalnya hanya merupakan kegiatan mahasiswa hingga menjadi even musik jazz terbesar pada saat ini.

Musisi-musisi jazz Tanah Air yang dipastikan akan tampil pada even ini – saat ini sedang dalam tahap negosiasi – di antaranya adalah Bubi Chen, Indra Lesmana, Bill Saragih, Benny Likumahuwa, Tamam Husein, Luluk Purwanto, Dian Pramana Poetra, Dewa Budjana, hingga penyanyi belia, Andien. Beberapa musisi jazz lainnya dipastikan juga akan dihadirkan.

Di samping pelaksanaan panggung jazz JGTC, pihak panitia juga akan menggelar sejumlah agenda kegiatan, yaitu Bakti Sosial JGTC (4/11), Festival Musik Jazz ke-3 ((6-8/11), dan ditutup dengan puncak acara JGTC pada 11 November. Rangkaian kegiatan acara JGTC juga menampilkan pameran foto & memorabilia JGTC, Bazar, jajanan pedagang kaki lima, dan klinik musik.

Tahun ini pihak panitia juga merencanakan untuk memberikan JGTC Award kepada musisi jazz yang secara konsisten terlibat secara aktif memajukan jazz dan JGTC di Indonesia. Tentang siapa musisi jazz yang akan mendapatkan penghargaan tersebut, kabarnya, Bill Saragih yang paling diunggulkan untuk itu.

Pelaksanaan JGTC, yang digelar sejak 1978 lalu, menunjukan perkembangan yang relatif bagus. JGTC tahun lalau saja, misalnya, disesaki oleh sekitar 14 ribu pengunjung yang memadati halaman kampus FEUI, Depok. Itulah sebabnya, pihak penyelenggara terlihat serius menggarap even ini. Tema yang diusung kali ini, agaknya menunjukan keseriusan itu. Sebuah usaha untuk memposisikan kembali JGTC yang perlu digarap secara serius. Dan, kerjakeras anak-anak muda FEUI ini layak mendapat dukungan dukungan. (ymn)