Live In The Tropics dari The Rippingtons

By on November 2, 2000

THE Rippingtons kembali merilis album terbarunya, Life In the Tropics. Sebuah album jazz kontemporer bernuansa Latin, yang dikombinasikan dengan R&B. Kali ini, Rush Freeman – dedengkot super grup ini – agaknya tak main-main dengan proyek musiknya. Maka, nama-nama besar pun diusungnya. Di antaranya adalah Bob James, Dave Koz, Erick Marienthal, Peter White, Paul Taylor, dan Daisy Lourder Villa.

Album ini, seperti diungkapkan Rush Freeman, dihiasi oleh komposisi-komposisi dengan beat Latin yang rancak. “Ini sangat disukai oleh fans kami,” ujar Freeman seperti dikutip eMusic baru-baru ini. Agaknya Freeman, yang membentuk The Rippingtons pada 1996, cukup puas dengan album teranyarnya.

Life in the Tropics menghadirkan 11 komposisi yang cukup menarik. Hampir semuanya didominasi oleh unsur Latin yang kental. Pada komposisi Life In The Tropics, misalnya, Freeman kembali menunjukan kepiawaiannya mengawinkan unsur-unsur bunyi-bunyian – seperti yang pernah dicobanya pada komposisi One Summer Night In Brazil — yang cukup eksotis. Atau, coba Anda simak komposisi South Beach Mambo, yang turut didukung oleh saksofonis Erick Marienthal dan pianis Bill Helter, yang tampak begitu sensual.

Secara umum, semua komposisi yang dihadirkan di album ini serupa dengan apa yang telah dihadirkan The Rippingtons pada album-album terdahulu. Namun, seperti biasa, Freeman selalu mencoba untuk memperkaya setiap albumnya dengan dukungan musisi-musisi jazz yang sudah punya nama. Itulah sebabnya, komposisi-komposisinya – oleh banyak pengamat – terbilang cukup variatif. Dan, Life in The Tropics adalah buktinya.

Sekalipun banyak pujian yang dialamatkan kepada Freeman, khususnya di album ini, kritik dari para penggemarnya juga beragam. “Album ini menunjukan bahwa The Rippingtons akan segera tamat riwayatnya sebagai sebuah kelompok jazz,” ungkap Robert G Raynor, salah satu fansnya, seperti dikutip situs Amazon.

Begitulah. Agaknya kritikan tersebut menunjukan kecintaan fansnya terhadap Freeman dan The Rippingtons. Namun, boleh dikatakan, Freeman dan The Rippingtons selalu sukses di setiap albumnya. Dan, sebagai jazz lovers, Anda berhak untuk memberikan penilaian Anda sendiri. (ymn)