Konser Jazz untuk Anak Jalanan

By on October 2, 2000

MALAM itu, Minggu (1/10), sebuah acara musik jazz yang diberi nama Jazz Interactive 2, digelar di NewsCafe, Kemang, Jakarta Selatan. Tema dari acara yang dilaksanakan oleh Yayasan HIMA ini, adalah “Peduli dan Berbagi Dengan Anak Jalanan”. Sebuah acara menarik yang menampilkan beberapa musisi jazz, seperti Bill Saragih, Syaharani, Chlorophyl, Doni Suhendra, serta LeMonade, sebuah kelompok akapela. Pemandu acaranya adalah Rina dan Chico Hindarto.

Acara dimulai pada pukul 20.00. WIB, dan dibuka dengan penampilan kelompok Clorophyl. Komposisi-komposisi acid jazz – yang menjadi ciri mereka – dibawakan dengan menarik, di antaranya adalah Mas Que Nada, Malibu, serta beberapa komposisi dari kelompok Jamiroquai. Komposisi Hanya Satu, yang diambil dari album teranyar mereka, Universal, juga ditampilkan.

Kelompok LeMonade – didukung oleh lima personil — adalah kelompok vokal yang tampil kemudian. Kekuatan vokal dari para personilnya tampak cukup menonjol. Beberapa komposisi jazz standar dibawakan secara akapela. Di antaranya adalah Shadow of Your Smile, L.O.V.E, Route 66, Someone to Watch Over Me, Java Jive, serta komposisi Ampar-ampar Pisang, sebuah komposisi asli Indonesia yang dibawakan dengan gaya swing.

Bill Saragih kemudian tampil ke atas pentas dengan komposisi Autumn Leaves. Berbekal flute, didampingi Donny Suhendra dan keponakanya, Bill juga membawakan What A Wonderfull World dan The A Train. Yang menarik, Bill juga berhasil melelang buku jazz terbaru karangannya, seharga Rp. 200 ribu. Padahal, di pasaran, buku tersebut hanya dijual seharga Rp. 15 ribu. Itulah Bill. Dengan gayanya yang konyol, serta lelucon khasnya, Bill tampak semakin eksis di usianya yang senja.

Donny Suhendra kemudian tampil mengiringi anak-anak jalanan yang bernyanyi dan membaca puisi. Mereka tampak riang dan bersemangat. Agaknya suasana kegembiraan, seperti malam itu, sudah lama dinantikan. Donny pun tampak antusias meladeni mereka. Donny, yang didukung oleh Adi (bas), Nita (keyboard), Aksan Syuman (drum), dr. Iwang Gumiwang (perkusi), tampil menghibur pengunjung dengan komposisi, yang rata-rata diambil dari album terbarunya.

Syahrani, malam itu, juga tampil membawakan beberapa komposisi jazz. Di antaranya adalah Child of Mine dan Obvious. Penampilannya mendapat aplaus dari penonton yang memadati kafe tersebut. Rani – begitu ia dipanggil – memang bukan penyanyi “kemarin sore”. Bekal pengalamanya telah membawa dia menjadi salah satu penyanyi yang disegani di Tanah Air. Dan, malam itu adalah buktinya. Dia tampil komunikatif menghibur pencinta jazz yang setia, hingga pukul 24.00 WIB.

Seperti judul acaranya, yaitu Jazz Interactive 2, acara ini bermaksud untuk menciptakan interaksi antara pemusik dan penonton. Di sela-sela penampilan setiap pemusik, misalnya, penonton diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar dunia jazz hingga kuiz. Beberapa pertanyaan bahkan cukup teknis, sehingga harus dijawab dengan contoh-contoh dari pemusik itu sendiri. Nah, kita tunggu bersama Jazz Interactive 3. (InS/ymn)