Konser Jazz Melayu ala Geliga

By on January 20, 2006

Ingin tahu jazz rasa melayu? Simak konser jazz melayu dari Geliga, kelompok jazz asal Riau yang bakal menghibur publik jazz Jakarta pada tanggal 27- 28 Januari 2006, di Graha Bhakti Budaya, TIM, Jakarta.

Geliga hadir dan eksis di jagat musik jazz tanah air dengan konsep yang terbilang baru di Indonesia, yaitu mengusung jazz rasa Melayu. Geliga pernah tampil di Festival Zapin Melayu, Festival Budaya Melayu, The World Malay Arts Celebration, hingga kolaborasi dengan pianis Idang Rasjidi.

Kelompok Geliga, menurut pengamat musik Ben Pasaribu, menawarkan ritme, melodi, harmoni, timbre, ekspresi dinamika, serta tempo yang “menyatu” dalam cita rasa melayu. Konsep inilah yang bakal ditampilkan kelompok jazz Melayu kontemporer ini.

Pada tahun 2005 lalu, Geliga juga telah merilis sebuah album bertajuk Geliga – Instrumental Jazz Melayu, yang proses rekamannya dilakukan di Pekan Baru, Riau, serta proses mixing di Kuala Lumpur. Di album tersebut, mereka menampilkan 12 komposisi yang ditulis oleh Eri Bob, yang juga pentolan kelompok tersebut.

Geliga didukung oleh Arman (Accordeon), Karim, Yusman (Saxophone), Noviar (Accoustic&Electric Guitar), Riyan (Bass), Matrock, Andy (Perkusi), Franky (Drum), Yusri (Gambus), Anten, Micky, Ida (Backing Vocal), dan Eri Bob (Pianio,Keyboard/Synthesizer, Violin).

Nah, Anda masih penasaran dengan jazz Melayu? Konser yang juga menampilkan bintang tamu Bintang Indrianto, Arif Setiadi, Donny Suhendra, dan Erlanda Yunita ini layak Anda tonton. Selamat datang di jagat musik jazz Indonesia untuk geliga! (ymn)