Konser Amal Musisi Jazz Amerika

By on October 2, 2001

Sebuah konser amal, yang melibatkan sejumlah musisi jazz, digelar pada hari Minggu (14/10), pekan lalu, di Great Western Forum, Inglewood, Los Angeles, AS. Inilah konser amal terbesar di Amerika Serikat, bertajuk “A Wave Of Peace -The Unity Concert”, menyusul peristiwa tragis pada 11 September lalu di New York. Konser yang mendapat sambutan luar biasa dari publik musik di kawasan Los Angeles.

Even musik yang dipandu oleh peniup saksofon Dave Koz ini, seperti dilaporkan koresponden Horizon-line.Com, Magda Chrestie, dari LA, menampilkan beberapa nama besar di jagat musik jazz, seperti George Duke, Marcus Miller, Harvey Mason, Brenda Russell, Norman Brown, David Benoit, Kirk Whalum, Jeff Lorber, Al Jarreau, James Ingram, Patti Austin, Phil Perry, Richard Elliot, hingga Keiko Matsui.

Penampilan musisi-musisi jazz asal AS, yang beaksi di panggung dengan kapasitas 17.000 orang itu cukup menarik. Penonton terlihat berdiri dari tempat duduk, bergoyang mengikuti hentakan musik, dan memberikan aplaus panjang. Ketika Al Jarreau tampil, dan membawakan komposisi God Bless America, penyanyi berkulit hitam ini juga mengajak serta penonton untuk bernyanyi bersama.

Patti Austin menyusul tampil bersama James Ingram membawakan komposisi Somewhere Out There, serta disusul oleh George Duke dengan komposisi Come Together yang dibawakan dengan sangat enerjik. Keiko Matsui juga tak mau kalah dengan komposisi Deep Blue, yang sempat menghanyutkan penonton. Najee pun tampil memikat dengan I Wish.

Secara umum, penampilan musisi-musisi handal tersebut sangat menghibur. Penonton tampak histeris dari awal hingga akhir pertunjukan. Di ujung acara, misalnya, penonton kembali dikejutkan dengan tampilnya Stevie Wonder, musisi yang selalu  berkacamata hitam ini, membawakan komposisi Ribbon in The Sky, dan beberapa komposisi lainnya.  Sebagai penutup, musisi jazz yang tampil pada sore hingga malam itu naik ke atas pentas, dan  bernyanyi bersama-sama komposisi penutup, What’s Going On.

Konser besar tersebut merupakan hasil kerja sama antara stasiun radio jazz The Wave 94.7 FM, Los Angeles, dan American Red Cross untuk membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan, sehubungan dengan aksi teroris 11 September lalu di New York.

Pegelaran jazz kali ini dapat di sebut langka — oleh Dave Koz disebut konser Once in A Life Time, karena tidak mudah untuk mengumpulkan musisi-musisi handal tersebut. Konser ini juga sama sekali tidak dipungut biaya apa pun, alias gratis. Penggemar jazz bisa mengambil tiket di tempat pertunjukan, atau di tempat-tempat yang di tentukan.

Pihak penyelenggara memang sengaja melakukan konser gratis ini, dengan harapan: penonton bisa menyumbangkan dananya kepada mereka yang membutuhkan. Dengan demikian, jumlah US$ 1 Juta yang ditargetkan bisa tercapai. Dari sambutan yang diberikan penonton, agaknya konser malam itu berhasil mengumpulkan dana yang lumayan besar. (ymn/Magda Chrestie, Los Angeles)