Kabar dari Bali Jazz Reunion

By on September 18, 2000

Jazz semakin bergeliat di Indonesia. Setelah kiprah Batam Jazz Forum, yang aktif menggelar acara jazz bulanan, kali ini pulau Dewata, Bali, juga tak mau ketinggalan. Bali, yang sibuk dengan industri pariwisatanya, memang memiliki pencinta jazz yang cukup fanatik. Pada 11 – 14 September lalu, seperti dilaporkan koresponden Horizon-line.Com dari Bali, Arief Budiman, telah dilaksanakan sebuah even jazz bertajuk “Bali Jazz Reunion“. Inilah aktivitas Bali Jazz Forum yang diprakarsai oleh I-Pro Jazz, yang berlangsung meriah di Jazz Bar & Gile, Sanur, Bali, pada 12 dan 14 September lalu.

Pada perhelatan tersebut tampak hadir memeriahkan acara, penyanyi bertubuh subur: Bertha dan Southern Funk, yang didudukung oleh Rita Silalahi (keyboard), Inang Noorsaid (drum), Bintang (bas), Arif (saksofon), Inal (gitar), dan Joel (vokal). Sementara itu di Santa FeMusic Lounge, Indra Lesmana (keyboard), Cendi Luntungan (drum), Syaharanie (vokal), Koko (gitar), dan Ito (bas) dan Rio (trumpet), juga memeriahkan “reuni” tersebut.

Even Bali Jazz Forum tersebut dikemas dengan format yang cukup menarik. Ajang “reuni” tersebut tampak santai, karena keterikatan dua penyanyi jazz, Bertha dan Syaharanie, yang memang mengawali karirnya dan “dibesarkan” di Pulau Dewata. Itulah iktan emosi dua penyanyi, yang sekarang berkibar mengusung bendera jazz.

Permainan Southern Funk — yang merupakan penampilan pertamanya di Bali cukup memukau publik jazz Bali. Para personilnya, yang bukan nama baru di blantika musik jazz Indonesia, agaknya menjadi alasannya. Di samping permainan musisi-musisi senior, vokalis Joel agaknya patut diperhitungkan. Demikian pula dengan Indra Lesmana — baru saja tampil pada Agusutus lalu, tampak ekspresif membawakan beberapa komposisi jazz standar.

Seperti panggung-panggung jazz lainnya, jam session akhirnya menjadi puncak dari penampilan musisi-musisi jazz, yang hadir dalam perhelatan tersebut. Apalagi di antara pengunjung yang memadati café tersebut, hadir pula seorang pemain drum berkebangsaan Amerika. Improvisasi pun akhirnya menghentak jazz lovers Bali yang haus akan sajian musik jazz berkualitas.

Pada 13 September lalu, juga berlangsung Jazz Workshop di All Stars Surf Café, Kuta. Pemandunya adalah Indra Lesmana dan Cendy Luntungan. Hampir sebagian besar musisi-musisi jazz lokal, tampak hadir mengikuti workshop. Antusias peserta semakin meneguhkan bahwa: Bali butuh media apresiasi jazz. Dan, sebagai langkah awal, even yang diadakan oleh Bali Jazz Forum ini layak diberi acungan jempol.

Rencananya, Bali Jazz Forum juga akan menghadirkan Om Bill Saragih, pada bulan Oktober mendatang. Penampilan Om Bill memang sangat ditunggu oleh publik jazz Bali. Selamat untuk Bali Jazz Forum. Semoga jazz semakin berkembang di pulau Dewata.(ymn/arief, Denpasar)