Jimmy Haslip dan Album Terbarunya

By on July 18, 2000

Jimmy Haslip, pencabik bas kelompok Yellow Jackets, merencanakan untuk merilis album terbarunya, “Red Heat“, pada 18 Juli ini. Basist handal yang mengidolakan Jaco Pastorius ini agaknya tak main-main dalam menggarap albumnya. Buktinya, seperti dilaporkan situs Down Beat, Jimmy bekerjasama dengan sejumlah nama besar di jagad musik jazz, yaitu: Michael Franks, Marilyn Scott, Take 6, Bobby McFerrin dan Chaka Khan.

Sebagai seorang musisi jazz berdarah Latin, Jimmy agaknya menawarkan sesuatu yang diakrabinya sejak kecil, yaitu musik Latin. Pengaruh ayahnya, James Julian Haslip, yang berdarah Puerto Rico, sangat berpengaruh dalam karir bermusiknya. Sejak kecil, oleh ayahnya, Jimmy telah dikenalkan dengan musisi-musisi Latin seperti Tito Puente, Celia Cruz, hingga Ray Barreto.

Di album ini, Jimmy — yang mengidolakan Jaco Pastorius, berkolaborasi dengan Rusell Ferrante (keyboard), Luis Conte (perkusi), Justo Almario (flute), Otmaro Ruiz (piano), Chuck Finley (brass), Gino Vannelli (backing vokal, co-produser), Steve Tavaglione (saksofon), dan Vince Mendoza (keyboard).

Beberapa komposisi di album ini memiliki cerita tersendiri. Komposisi El Morro, misalnya, menggambarkan perjalanan hidup dari ayah Jimmy, James Julian Haslip. Komposisi ini terinspirasi oleh sebuah puri di San Juan. Sedangkan komposisi Calle Del Sol, adalah tempat di mana ayah Jimmy dibesarkan. Dan, komposisi Los Feliz adalah untuk menggambarkan sebuah komunitas California. Album ini memang didedikasikan untuk ayah Jimmy, yang meninggal saat proses mixing tengah dilakukan.

Jimmy memang banyak terinspirasi oleh permainan Jaco Pastorius. Dia juga banyak memasukan unsur Latin, lewat beat-beat yang rancak. Itulah sebabnya, sound bas milik Jaco tampak cukup dominan pada beberapa komposisi. Dan eksotisme dari bunyi perkusi yang dihasilkan juga cukup menarik. Jimmy memang sedang “bermain” di wilayah Latin. Wilayah yang telah diakrabinya sejak kecil. (ymn/dbjazz)