.

   

 

 

 

.

.
  Jazz Today!
Informasi seputar musik jazz yang terjadi di Indonesia maupun manca negara. Di-update secara berkala dengan gaya penulisan yang khas.
.

Home > Jazz Today! > Artikel

.

Singapore International Jazz Festival
Upaya Memasyarakatkan Jazz di Kota Singa

Ernie WattsNEGARA tetangga kita, Singapura, diam-diam akan menggelar sebuah even musik jazz bertaraf internasional, Singapore International Jazz festival (SIJF). Sebuah festival jazz yang menampilkan pendekar-pendekar jazz internasional asal Amerika dan Asia Pasifik, dan akan dilaksanakan pada 18 – 20 Mei mendatang.

Rencananya, pendekar-pendekar jazz yang akan berlaga di even tersebut adalah Lee Ritenour, James Moody, Slide Hampton, Eldee Young, Tuck & Patti, Terumasa Hino,  Eugene Pao,  dan Tots Tolentino. Sedangkan musisi jazz Indonesia yang akan tampil dalam even yang disponsori oleh Singapore Airlines, Heineken, dan American Express itu adalah gitaris Ireng Maulana.

SIJF akan menyediakan empat panggung pertunjukan. Panggung utamanya adalah di Singapore International Convention and Exhibition Centre (SICEC), dan sisanya di kawasan Suntech City: Sky Stage, Atrium Stage, dan Gazebo Stage. Panggung-panggung ini diharapkan akan menarik sekitar 100 ribu pengunjung untuk hadir menyaksikan musisi kesayangannya beraksi.

Adalah Jeremy Monteiro (Festival Artistic Director),  yang menjadi perancang program dari festival jazz terbesar di Asia pada 2001 ini. Nantinya, seperti disebutkan dalam press release SIJF, festival ini akan mengkombinasikan jazz tradisional hingga jazz kontemporari. Tujuannya jelas: untuk menjaring semua penikmat jazz dari berbagai genre.

Singapura memang sangat piawai dalam mengemas hal-hal yang berbau seni. Beragam pertunjukan kebudayaan digelar di Kota Singa tersebut. Dan, kali ini, musik jazz mendapatkan porsinya. Jazz memang mulai digandrungi penduduk kota bisnis itu. “Komunitas jazz di Singapura telah mengalami perkembangan yang baik dalam beberapa tahun ini,” ujar Dr. Les Buckley, General Manager, Asia Pacific Breweries (Singapura), seperti disebutkan dalam rilis SIJF.

Pihak Singapore Airlines, yang menjadi sponsor utama festival tersebut, agaknya cukup antusias menggelar SIJF.  “Ide dari pertunjukan ini adalah untuk memperkenalkan musik jazz tidak hanya kepada penggemarnya, tapi juga kepada publik musik di Singapura,” ungkap Mr Huang Cheng Eng, SIA's Senior Vice President Marketing Planning, dari perusahaan penerbangan kelas dunia itu.  Dan, masih menurut Huang,  festival tersebut  diharapkan akan semakin menumbuhkan tingkat apresiasi musik jazz di Singapura dan sekitarnya.

Nah, bagi Anda yang tertarik, tiket  masuk ke SIJF sudah bisa dipesan mulai sekarang, dan dijual seharga $120, $90 dan $60. Untuk informasi selengkapnya tentang festival ini, silakan mengunjungi situs Singapore International Jazz Festival 2001. Banyak informasi menarik lainnya di situs tersebut. (yollismn)

 |  Klik Indeks Berita | Kirim Tanggapan Anda  | 

.


Dapatkan segera, Jazz - A Film by Ken Burns
sebuah dokumentasi terlengkap untuk sejarah jazz di Amerika.


[email protected]! | [email protected] | Jamz Matra Jazz | Direktori Jazz  Indonesia Open Jazz | Search Jazz | Info Iklan | Media Review | E-mail
.
 
Copyright © 1997 - 2001 Horizon-line.Com  All Rights Reserved | Contact Us

Free E-mail
For Jazz Lovers!

  My Horizon
  Newsletter
  Polling Jazz
  Free E-mail
  Zodiak Anda

  Jazz Board

  Jazz e-Card
.
  Direktori Jazz
  Majalah Jazz
  Jazz Styles
  Festival Jazz
  Workshop Jazz
  Label Rekaman
  Radio Jazz
  Foto-foto Jazz
  Klub Jazz
  Musisi Jazz
  Sejarah Jazz
.
  Intermezo
  Toko Musik
  Studio Musik
  Sekolah Musik
  Bursa Musik
  Agenda Budaya

12 CDs for the Price of 1!