JAZZPAR Prize 2000 Untuk Chris Portter

By on March 14, 2000

USIA boleh muda, tapi soal prestasi bisa diacungi jempol. Chris Portter, saksofonis muda itu — saat ini baru berusia 29 tahun — berhasil menyabet penghargaan JAZZPAR 2000. Sebuah penghargaan yang cukup bergengsi di jagad musik jazz dunia. Chris, yang berhasil memboyong hadiah sebesar USD 20 ribu itu, memang boleh berbangga. Pasalnya, selama ini, yang berhasil menerima penghargaan hanyalah musisi-musisi jazz senior. Maka, ketika saksofonis belia ini memenangkan penghargaan tersebut, dunia jazz pun terkesima karenanya.

Sebelum menerima JAZZPAR 2000, Chris baru saja melakukan turnya bersama Dave Holland Quintet, di tiga kota di Denmark — tempat di mana penghargaan tersebut diberikan — pada 9 – 12 Maret lalu. Saksofonis muda ini, seperti dilaporkan situs Down Beat edisi 14 Maret, juga sedang menggarap proyeknya bersama Concords Record, bersamaan dengan penganugerahan JAZZPAR 2000, yang tahun ini memasuki tahun ke sepuluh.

JAZZPAR, di kalangan musisi jazz dunia, memiliki kredibilitas yang cukup tinggi. Penghargaan ini diberikan oleh JAZZPAR Committee, Denmark, kepada musisi-musisi jazz yang produktif dan memiliki dedikasi yang tinggi kepada musik jazz. Pihak panitia, sebelum “membabtis” Chris sebagai pemenang, juga mempertimbangkan beberapa musisi lain, seperti Filippo Bianchi (Italy), Alex Dutilh (Prancis), Dan Morgenstern (USA) dan Brian Priestley (Inggris). Chris, saksofonis yang lahir di Chicago, AS, pada 1 Januari 1971, ini akhirnya keluar sebagai sang pemenang.

Chris mulai bermain piano pada usia yang sangat muda. Pada usia enam tahun, ketika masih duduk di bangku kelas 6 SD, Chris kecil mulai serius berlatih saksofon. Di usia yang sangat muda, permainan Chris kecil telah memukau Marian Mc Partland, yang kemudian mengajak Chris untuk tampil bersama Woody Herman. Saat itu Chris baru saja lulus dari SMU. Chris kemudian pindah ke New York untuk belajar musik di Manhattan School of Music, dan sempat dididik oleh Kenny Werner.

Chris Potter, yang aktif bermain jazz standar ini, memiliki perjalanan yang masih panjang untuk berkarir di jagad jazz. Penghargaan JAZZPAR, diharapkan, dapat memacu dirinya untuk lebih aktif dan produktif memainkan jazz. Itulah yang diharapkan oleh pihak panitia. Rekaman pertamanya, Concentric Circles (1994), yang menampilkan Larry Goldings (organ), Kenny Werner (saksofon), dan gitaris John Hart, mudah-mudahan dapat menjadi pilar bagi Chris, agar lebih aktif memainkan jazz. Selamat buat Chris Portter! (yollismn)