Album Soundtrack Bernuansa Jazz

By on August 16, 2000

Berbagai komposisi jazz telah menghiasi ratusan film layar lebar. Sejak puluhan tahun lampau hal itu terjadi. Namun, hingga kini, sangat sulit bagi kita — terutama di Indonesia — untuk menemukan album kompilasi yang menghadirkan komposisi-komposisi jazz yang pernah menghiasi pelbagai film layar lebar. Agaknya peluang inilah yang ditangkap oleh EMI Indonesia, untuk membuat album kompilasi tersebut. Maka, “Jazz on Cinema 1 & 2” akhirnya dirilis baru-baru ini.

Jazz On Cinema, bisa dikatakan, adalah album soundtrack bertema jazz yang cukup menarik untuk disimak. Lebih dari 32 komposisi jazz, yang menghiasi film-film legendaris seperti Fabulous Baker Boys, West Side Story, Round Midnight, Leaving Las Vegas, When Harry Met Sally, hingga Casablanca, disajikan dengan lengkap. Komposisi I Love You For Sentimental Reason, yang dibawakan dengan sentimental oleh Nat King Cole, agaknya semakin mempertegas tema romantisme yang menjadi “roh” dari keseluruhan album ini.

Album ini menghadirkan komposisi-komposisi jazzy yang layak untuk disimak. Di antaranya adalah My Funny Valentine (Chet Baker), Over The Rainbow (Stanley Jordan), Sing-sing (Benny Goodman), Black Orpheus (Eliane Elias), Misty (Julie London), My One And Only Love (Chick Corea), Maria (Sarah Vaughan), dan masih banyak lagi. Koleksi jazz “nostalgia” ini bisa menjadi sebuah referensi yang lengkap, seandainya Anda adalah seorang penggemar film — sekligus jazz — yang sejati.

Nah, bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan komposisi-komposisi jazz lawas, atau sekadar untuk mengingat kembali film-film legendaris bernuansa jazz, maka album “Jazz On Cinema 1 & 2” ini layak dikoleksi. Sekalipun informasi pendukung tentang film dan komposisi-komposisi jazz tak disajikan dengan lengkap di album ini, tapi — ini yang terpenting — keberanian EMI Indonesia, untuk memberi label “jazz” pada album ini terbilang berani. Di samping komposisi-komposisinya, keberanian tersebut patut diacungi jempol. Jazz bukanlah sesuatu yang mudah dijual, bukan? (yollismn)