Jazz Goes to Campus Kembali Digelar

By on November 4, 2000

Jazz Goes To Campus (JGTC), even jazz tahunan yang dilaksanakan oleh Senat Mahasiswa FEUI, akan kembali digelar pada hari Minggu, 12 November mendatang, bertempat di kampus FEUI, Depok. Sebuah acara musik jazz paling dinanti di penghujung tahun ini oleh pencinta jazz, menyusul tertundanya pelaksanaan JakJazz selama lebih dari dua tahun.

Musisi-musisi jazz yang dipastikan akan tampil pada JGTC ke-23 ini, di antaranya adalah Bill Saragih, Bubi Chen, Chandra Darusman, Benny Likumahua, Indra Lesmana Reborn, Simak Dialog, Syaharani, Deviana Daudsjah, Donny Suhendra, Fariz R.M, Ermy Kulit, FEUI Band, dan penyanyi belia yang tengah naik daun: Andien.

JGTC memang even paling ditunggu tahun ini. Jak Jazz, yang sebenarnya paling dinanti oleh pencinta jazz Indonesia, tak kunjung hadir. Kalau pun ada – seperti yang terjadi dua tahun ini – tak memiliki gaung seperti even Jak Jazz 1997 lalu. Dan, untuk itu, pihak FEUI agaknya kekurangan musisi-musisi jazz internasional, yang kerap “mampir” di kampus Depok.

Pelaksanaan JGTC tahun ini, boleh dibilang, termasuk cukup besar. Lihat saja pesertanya, para musisi-musisi jazz Tanah Air, yang akan menunjukan kebolehannya. Tahun ini, ada beberapa musisi yang baru pertama kali mengikuti even tersebut, yaitu Andien dan Deviana Daudsjah, pianis yang lebih banyak banyak berkiprah di Eropa selama 25 tahun.

Dipastikan, tiket masuk yang dijual seharga Rp. 10 ribu, atau Rp. 7000, apabila dibeli sebelum 12 November, akan terjual habis. Tahun lalu saja, misalnya, lebih dari 5000-an pencinta jazz – terutama kaum muda – hadir memenuhi halaman kamupus FEUI. Padahal, cuaca saat itu kurang begitu ramah.

Jazz, musik yang masih dianggap ekslusif oleh sebagian besar orang, memang harus terus disosialisasikan. Kampus agaknya menjadi gerbang yang cukup efektif untuk itu. Dan, yang paling menggembirakan, even ini dilaksanakan oleh anak-anak muda yang berani “menjual” jazz, di tengah gemuruhnya budaya musik pop yang berada di lingkungan mereka. (ymn)