Jazz dan Makanan Khas New Orleans

By on May 8, 2000

Liputan langsung Horizon-line.Com dari New Orleans (1)

THE New Orleans Jazz & Heritage Festival (TNOJ) tahun ini berlangsung meriah. Sejak 28 April lalu, seperti dilaporkan koresponden Horizon-line.Com, Rheni Riani dari New Orleans, AS, festival di kota jazz tersebut mulai dilaksanakan. Ribuan pencinta jazz manca negara tampak hadir memadati festival tahunan itu. Puluhan musisi jazz dunia pun hadir dan mempertontonkan kebolehannya pada 28 – 30 April lalu, dan 4 – 7 Mei mendatang, di Fair Grounds, New Orleans.

Musisi-musisi jazz dunia yang ikut serta di TNOJ 2000 adalah: Astral Project, Erykah Badu, Lenny Kravits, The Wailers, Preservation Hall Jazz Band, Dave Brubeck, Chick Corea & Garry Burton, Hall Jazz Band, Harry Connick Jr., Harry Connick Sr., Jimmy Cliff, Jason Marsalis, Ellis Marsalis, Diana Krall, Joe Sample & Lalah Hathaway, The Temptations, hingga mantan personil The Police: Sting.

New Orleans, kota yang penuh dengan nuansa jazz itu, tampak semakin ramai karenanya. Panggung-panggung jazz bertebaran di tempat-tempat pertunjukan. Ada 11 panggung yang disiapkan pihak panitia, yaitu Grand Stand, House of Blues, Acura, Congo Square, Fox 8, Fais Do-Do, WWOZ Jazz Tent, Economy Hall, Lagniappe, Heritage, dan Gospel tent.

Pembukaan TNOJ 2000 dibuka oleh permainan musisi Ray Charles, 27 April lalu, di Fairmont Hotel, New Orleans. Pada grand oppening tersebut, tampak pula puluhan musisi-musisi jazz pendukung, serta penonton yang memadati hotel tersebut.

TNOJ tak hanya menyajikan komposisi jazz. Beragam souvenir bertema jazz, seperti T-shirt, CD jazz dari para musisi pendukung, arts & crafts, hingga makanan khas New Orleans juga turut disajikan. Agaknya pihak panitia, di samping menjual jazz, juga ingin “menjual” kelezatan masakan khas kotanya. Itulah sebabnya, banyak pendatang yang tampak menikmati masakan yang dijajakan.

TNOJ mulai dilaksanakan pertama kali pada 1970, dan diselenggarakan oleh sebuah lembaga non profit: The New Orleans & Heritage Foundation, Inc. Saat pertama kali dilaksanakan, 31 tahun lalu, musisi-musisi jazz seperti Duke Ellington, Mahalia Jackson,   hingga Pete Fountain, turut meramaikan festival jazz tahunan itu.

Hampir semua panggung yang disediakan pihak panitia penuh oleh para penikmat jazz, yang diperkirakan akan mencapai lebih dari 500 ribu pengunjung untuk tahun ini. Dan, yang menarik, setiap malam juga diadakan workshop tentang jazz di Louis Armstrong Park, yang diisi oleh musisi-musisi jazz yang tampil di TNOJ.
(ymn/ Laporan: Rheni Riani, New Orleans)