Jazz Band Competition untuk Anak Muda

By on June 16, 2009

Anda memiliki bakat di bidang musik, dan memiliki sebuah jazz band? Ada kabar gembira untuk Anda. Institut Musik Daya Indonesia (IMDI) kembali menggelar Jazz Band CompetitionIndonesia Open Jazz 2009 (IOJ), yang khusus dilaksanakan untuk anak muda berusia antara 17 – 30 tahun.

Rencananya, babak penyisihan dari IOJ bakal dilaksanakan pada tanggal 24 Juni mendatang, bertempat di kampus IMDI, Kemang, Jakarta Selatan. Sedangkan babak finalnya akan digelar pada 1 Juli 2009, yang akan menampilkan musisi-musisi muda berbakat di ranah musik jazz.

Untuk ikut serta di ajang ini sangat mudah. Pendaftaran peserta dilakukan hingga 20 Juni 2009, menyerahkan formulir pendaftaran, jumlah peserta dalam satu band maksimal delapan orang, batas usia peserta adalah 17 – 30 tahun, menyiapkan sebuah komposisi wajib dengan aransemen kontemporer (jazz) dan satu buah komposisi jazz standard, dengan aransemen sendiri. Komposisi yang sama dapat digunakan pada saat penyisihan, maupun di babak final.

Adapun komposisi wajibnya adalah: Ondel-ondel (Jakarta), Manuk Dadali (Jawa Barat), Ampar-ampar Pisang (Kalimantan Selatan). Sedangkan komposisi standard adalah All The Things You Are (Oscar Hammerstein/Jerome Kern), One Note Samba (Antonio Carlos Jobim), Impression (John Coltrane), Green Dolphin Street (Kaper/Wasingthon), Antropology (Charlie Parker), Have You Met Miss Jones (Rodgers & Hart), How High The Moon (Morgan Lewis), Someday My Prince Will Come (Frank Churshil), Oleo (Sonny Rollins), dan Wave (Antonio Carlos Jobim).

Yang menarik, para pemenang dari kompetisi jazz ini, di samping mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 2 juta, juga berhak untuk mengikuti satu kali workshop band di IMDI, pada 7 Agustus mendatang. Pemenang juga akan menunjukan kebolehannya di Indonesia Open Jazz Festival 2009.

Jazz Band Competition ini akan dinilai oleh tim juri independen, di antaranya Fauzi Saad, Nikita Dompas, dan Helen Nanlohy. Nah, bagi Anda yang memiliki band jazz, dan bingung untuk menunjukan eksistensi Anda, maka ajang ini dapat dijadikan referensi. Siapa tahu, Anda adalah pemenangnya! (ymn)

Info Lengkap IOJ 2009:
Institut Musik Daya Indonesia
Jl. Bangka Raya 98, Kemang
Jakarta Selatan 12730
Phone: 021-7191-422
Cp. Alexandro Subianto

.