Interpretasi Musik Weather Report

By on July 1, 2000

Menginterpretasikan kembali sebuah komposisi jazz bukan perkara gampang. Apalagi, komposisi-komposisi yang pernah dirilis oleh sebuah super grup jazz. Tapi, Michiel Borstlap, yang didukung grupnya, melakukan hal tersebut. Pianis jazz asal Belanda ini akhirnya merilis album bertitel “Body Acoustic”. Dan, kali ini, Michiel tak main-main. Dia menginterpretasikan kembali komposisi-komposisi dari kelompok jazz legendaris: Weather Report (WR). Dan inilah buktinya.

Michiel agaknya paham betul dengan komposisi-komposisi dari WR, kelompok yang menjadi favoritnya sejak masih di bangku kuliah. Dia juga banyak terinspirasi dengan komposisi-komposisi dari WR, seperti Volcano For Hire, Mr. Gone, Three Views of A Secreet, hingga When It Was Now. Inilah yang akhirnya mendorong pianis penerima Dutch Radio Broadcast Composition Award 1986, untuk merilis sebuah album interpretasi — begitu Michiel menyebutnya, yang kemudian mendapat pujian dari banyak pengamat jazz.

Ide untuk menginterpretasikan kembali musik WR terjadi pada 1996. Anak seorang komposer klasik, yang lahir di Hague, Belanda, pada 1966 ini akhirnya memutuskan untuk melakukan interpretasi dengan instrumen elektrik. Berbeda dengan apa yang telah dilakukan oleh WR. Perbedaan ini memang dilakukan Michiel, karena dia tak ingin “menyentuh” musik asli dari kelompok WR. Maka, Michiel kemudian membentuk Trio yang diperkuat oleh Ernst Glerum (bas), Han Bennink (dram).

Secara umum, komposisi-komposisi WR yang dihadirkan Michiel di album Body Accoustic terbilang menarik. Dari sepuluh komposisi yang ditawarkan, tiga di antaranya adalah komposisi milik Michiel, yaitu Centurion, Coco, dan Pursuit. Sedangkan lainnya, masing-masing: Volcano For Hire, Mr. Gone, Three Views of A Secret, When It Was Now, Face on the Barroom Floor, Man in The Green Shirt, dan Birdland, adalah komposisi asli dari WR.

Di album ini, Michiel dan trionya menghadirkan sesuatu yang sedikit berbeda. Komposisi Mr. Gone, misalnya, ditampilkan kembali dengan ritme medium swing. Atau, komposisi Volcano For Hire, diperkaya dengan hentakan perkusi Jeroen de Rijk, yang menurut Michiel memiliki “enerji tersembunyi”. Begitu pula dengan Three View of A Secret. Komposisi yang diciptakan oleh Jaco Pastorius ini tampak enerjik dan begitu hidup, ketika dibawakan oleh Michiel, Ernst, dan Bennink.

Tanggapan dari musisi-musisi yang pernah tergabung dalam kelompok Weather Report terhadap album Michiel cukup baik. Joe Zawinul, misalnya. “Saya telah mendengar komposisi-komposisi Michiel. Sangat menarik, dan saya bangga dengan musisi-musisi muda, seperti Michiel, yang memainkan musik Weather Report dengan pendekatan yang berbeda,” ungkap Joe Zawinul, dalam pengantarnya di album Body Accoustic.

Album Michiel yang lain, Residence, pernah masuk dalam kategori album jazz terlaris di Belanda pada 1997. Pengalamannya tampil di berbagai fastival jazz dunia, sepert North Sea Jazz Festival, Glasgow JVC Jazz, Berlin Jazz Festival, atau pengalamannya tampil bersama Jimmy Haslip, Les paul, Roy Hargrove, atau Kenny Davis, agaknya memberikan pengaruh baik dalam konsep musikalnya. Dan, sebagai musisi jazz yang masih belia, Michiel telah membuktikannya.

Salah satu komposisinya, Memory of Enchantment, dipilih sebagai pemenang dari The Thelonious Monk/BMI Composer Award, pada 1996. Dan, yang membanggakan, komposisi ini juga dibawakan oleh Herbie Hancock dan Wayne Shorter, saat penyerahan penghargaan bergengsi tersebut. Komposisi itu juga akhirnya direkam dengan label Verve, dan diberi judul: “1 + 1“, oleh dua dedengkot jazz itu, serta menjadi salah satu komposisi yang dimainkan saat tur keliling dunia, pada 1997. (yollis)