Indra Lesmana: “Saya Ingin Memiliki Sebuah Big Band

By on February 25, 2001

Program acara Ngobras – singkatan dari Ngobrol Bareng Indra Safera, Minggu sore (25/2), di SCTV, menampilkan Indra Lesmana, musisi jazz yang baru saja merilis album terbarunya, Reborn. Hadirnya Indra, seperti disebutkan oleh Indra Safera, merupakan permintaan dari seorang penonton, yang mengirimkan surat elektronik kepada produser acara Ngobras. Maka, gaya kocak Indra Safera, akhirnya membuat acara tersebut menarik untuk disimak.

Acara Ngobras memang sering menguras air mata nara sumber yang diwawancarai oleh Indra Safera. Suasana cool, yang sengaja diciptakan dengan menampilkan permainan piano, agaknya salah satu penyebab hal tersebut. Indra Lesmana, yang menjadi tamu di acara tersebut juga terseret oleh suasana yang dibangun.

Indra mengaku, mulai belajar piano sejak 9 tahun, dan menciptakan komposisi jazz pada usia yg sangat muda. Kecintaannya pada jazz sudah ada sejak dulu. Penyebabnya adalah lingkungan keluarga yang memang suka jazz. Jack Lesmana (Alm) dan ibunya adalah ornag-orang yang memang menyukai jazz. “Mungkin sejak dalam rahim sudah senang dengan musik jazz,” ujar Indra sambil tersenyum.

Jazz, bagi Indra, tak seperti yg dibayangkan orang. Jazz bisa juga dibuat untuk bergoyang, dan disukai oleh anak-anak muda. Jadi, kesan jazz adalah tua, boring, dan sebagainya, tak benar. Hal itu dibuktikannya pada klip Reborn, yang saat ini tengah diputar di berbagai stasiun televisi swasta. Suasana yang coba dibangun di klip garapan Mira Lesmana itu memang terlihat ceria dan funky.

Album Reborn, ternyata mendapat sambutan yang baik. Saat ini sudah terjual lebih dari 42 ribu kopi,ujar Indra bangga. Indra Lesmana Reborn juga merencanakan tur pada bulan Maret dan April mendatang. Namun, kota-kota yang akan disinggahi belum bisa ditentukan pada saat ini, lanjut Indra.

Di acara yang cukup mendapat sambutan pemirsa SCTV itu, Indra sangat kagum dengan penampilan anak-anak muda yang bisa bermain jazz dengan baik. Itu adalah bukti bahwa jazz sudah diterima di lingkungan anak muda. Untuk itu, lanjut Indra, sebaiknya anak-anak muda yang suka jazz harus terus berlatih dan jangan cepat puas. Sebaiknya, masih menurut Indra, ikuti saja katah hati untuk menciptakan sesuatu karya musik yang baik.

Lalu, apa yang menjadi obsesi Indra saat ini? Saya ingin sekali memiliki sebuah big band,” tambah Indra serius. Putra gitaris (Alm) Jack Lesmana ini juga ingin membuat musik jazz hidup kembali, dan disukai oleh anak-anak muda di Indonesia. Lihatlah tema dari video klip di album Reborn. Kesederhanaan, dan keceriaan khas anak-anak muda berhasil divisualkan dengan menarik. Suksesnya album Reborn, adalah sebuah awal yang cukup menjanjikan. (yollismn)