Indonesia Open Jazz 2001 Mulai Digelar

By on August 4, 2001

Indonesia Open Jazz 2001 (IOJ) kembali digelar. Setelah sukses pada even serupa, Jakarta Open Jazz — beberapa waktu lalu, kali ini IOJ akan menggelar berbagai even musik jazz menarik, di antaranya adalah seminar tentang musik jazz, IOJ Festival di Taman Semanggi, konser kemerdekaan, hingga berbagai workshop tentang jazz, yang dilaksanakan di Institut Musik Daya, Jakarta. Apa saja yang akan ditampilkan?Acara yang mengedepankan unsur pendidikan musik jazz ini, seperti diungkapkan pihak IOJ, mulai dilaksanakan pada 3 – 17 Agustus mendatang, di beberapa tempat di Jakarta, yaitu Klub 45, Jl. Mahakam, Jakarta Selatan, Gedung Museum Nasional, Kafe Taman Semanggi, dan di kampus Institut Musik Daya.

Yang menarik, pada konser kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang, IOJ juga akan menampilkan DAYA Big Band, Amadeus String Chamber Orchestra & Maya Hasan, Daya Swara dan The Choir Acapella Arranged, dengan konduktor Tj.N. Deviana Daudsjah – dedengkot dari IOJ 2001.

Tujuan dari IOJ 2001, sama seperti pelaksanaan Jakarta Open Jazz yang lalu, adalah untuk memberikan pelatihan dan pemahaman kepada generasi muda Indonesia, tentang bagaimana memainkan musik jazz secara benar dan terarah. Itulah sebabnya, pihak IOJ juga mengundang sejumlah musisi jazz internasional untuk mendukung dalam acara ini.

Musisi-musisi jazz internasional yang terlibat pada IOJ, seperti diketahui, telah banyak berkecimpung di dunia pendidikan musik jazz di Eropa. Mereka adalah: Karoline Hoefler (Bass), Carola Grey (Drums), Guenter Weiss (Guitar), dan Peter Tuscher (Trumpet). Rencananya, di samping T.J Deviana Daudsjah, sejumlah musisi di atas akan terlibat dalam berbagai workshop hingga seminar jazz yang dilaksanakan.

Untuk keterangan lengkap tentang IOJ 2001, silakan menghubungi sekretariat panitia, melalui telepon: 021- 7179-2331. Informasi lengkap tentang IOJ juga bisa dilihat di rubrik Agenda Jazz. Sedangkan bagi Anda, generasi muda yang ingin lebih serius memahami musik jazz, IOJ adalah forum yang pas untuk Anda. Nah, Anda diundang untuk hadir di acara menarik tersebut. (yollismn)