Impian Rani Terwujud

By on April 17, 2001

PENYANYI jazz yang sedang naik daun, Syaharani, mengaku impiannya telah terwujud di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (30/7) lalu. Apa itu? Rani, begitu ia biasa dipanggil, bisa tampil bersama “sang guru” Benny Likumahua yang telah mengorbitkannya. Ia juga bisa tampil bersama musisi jazz senior, yaitu Didi Chia, Jeffry Tahalele (bas) dan Cendy Luntungan (dram).

Hampir setiap pekan wajah Syaharani terlihat di televisi. Ia sempat berduet dengan penyanyi Titi DJ. Juga melakukan pertunjukan ke berbagai daerah, seperti Bali, Surabaya, Makassar. Pendeknya, jadwalnya padat. Tetapi ia mengaku tidak puas karena selalu ada yang kurang saat tampil di panggung.

“Umumnya yang menawari saya main bilang musik pengiring sudah disediakan. Persoalan yang saya hadapi, seringnya sulit beradaptasi. Masalah lain, kebanyakan mereka bukan musisi yang menggeluti jazz. Jadi, ya, sering tak pas,” kata penyanyi yang baru-baru ini berduet dengan penyanyi kelas dunia, Al Jarreau, di Jakarta.

Ketika ada tawaran main bersama Benny Likumahua di Cirebon, Rani langsung menyetujuinya. Ia menolak tawaran main dari pihak lain. “Di sini saya bisa tampil penuh, meski tanpa latihan semenit pun. Sudah lama, rasanya, saya tidak tampil bersama Om Benny,” katanya. “Suatu hari saya harus membentuk band pengiring sendiri. Tapi, karena dananya besar, jadi belum bisa sekarang,” ujarnya lagi. (Edy Koko/W-9)

Sumber: Harian Suara Pembaruan 2 Agustus 2000